Ad imageAd image

Pemprov Jateng Gelar Onthel Kebangsaan 30 Juli Besok, Diikuti 15 Ribu Peserta Berbagai Kalangan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 920 Views
3 Min Read
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah, Haerudin. (Foto: Dok. Athok Mahfud)

INDORAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bakal menggelar Onthel Kebangsaan pada hari Minggu, 30 Juni 2023 di Kota Semarang. Kegiatan ini rencananya diikuti sebanyak 15 ribu peserta dari berbagai kalangan.

Dalam kegiatan ini, peserta akan menaiki sepeda ontel yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Secara bersama-sama, peserta naik sepeda mulai dari Kantor Gubernur Jateng hingga Masjid Agung Jateng, Kota Semarang.

Gelaran ini menjadi yang kedua setelah pertama kali digelar pada 2018 lalu. Onthel Kebangsaan bertema “Ngonthel Silaturahmi Nasional” ini digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus Hari Jadi Jateng ke-78.

BACA JUGA:   Bawaslu Jateng Gandeng Mafindo Perangi Ancaman Hoaks dan Fitnah di Pemilu 2024

Dalam menyukseskan gelaran pada 30 Juli mendatang, Pemprov Jateng bekerja sama dengan sejumlah pihak. Mulai dari Bank Jateng, Pemkot Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, dan komunitas ontel.

Kegiatan ini rencananya akan melibatkan 15 ribu peserta dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari jajaran Forkopimda Jateng dan Forkopimda Kabupaten/Kota, perwakilan tokoh agama, komunitas ontel, perwakilan pelajar, dan masyarakat umum.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jateng, Haerudin mengatakan, Onthel Kebangsaan bertujuan untuk menguatkan toleransi dan kerukunan di Jawa Tengah. Pasalnya peserta yang hadir terdiri dari lintas agama, etnis, dan latar belakang.

BACA JUGA:   PDIP di Jateng Masih Kuat, Sudaryono Ungkap Strategi Pemenangan Gerindra di Pilkada 2024

“Tujuan pertama penguatan toleransi, jadi peserta Onthel Kebangsaan ini kan dari bebragai etnis dan agama. Maka kita berharap di situ ada toleransi dari semua perbedaan yang ada,” ujarnya kepada Indoraya.news, Selasa (25/7/2023).

Tujuan kedua yaitu untuk menciptakan kondusivitas wilayah menjelang Pemilu 2024. Haerudin menilai, di tengah suhu politik yang mulai hangat kini, Pemprov ingin masyarakat di Jateng bersama-sama mewujudkan Pemilu damai.

“Lalu kemudian tujuan ketiga itu perpaduan satu dan dua. Dengan adanya toleransi, semangat berdamai, harapannya akan menguatkan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kondusivitas jelang Pemilu,” bebernya.

Ia bilang, dalam gelaran Onthel Kebangsaan pada 30 Juli besok, seluruh peserta akan bersepeda sambil mengenakan pakaian adat. Ini untuk menunjukkan bahwa Indonesia ialah negara beragam yang menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan.

BACA JUGA:   Peta Politik Usai Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Pakar Politik Undip: Hendi Peluang Besar Maju Pilgub Jateng

Dalam momen tersebut, Kesbangpol Jateng juga akan membagikan sebanyak 3.000 bendera merah putih kepada masyarakat. Selain itu, nantinya juga ada deklarasi kebangsaan di Masjid Agung Jawa Tengah.

“Kesbangpol nanti akan menyiapkan minimal 3.000 bendera untuk kita bagikan kepada masyarakat. Terutama peserta Onthel Kebangsaan. Itu nanti dilaksanakan 30 Juli 2023. Start di Kantor Gubernur berakhir di MAJT. Di MAJT ada deklarasi kebangsaan,” pungkas Haerudin.

Share this Article
Leave a comment