Ad imageAd image

Disdikbud Jateng Siapkan PPDB SMA/SMK Negeri di Bulan Juni, Ada Empat Jalur

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 776 Views
2 Min Read
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 untuk jenjang SMA/SMK negeri.

Tahapan PPDB di Jateng baru akan dibuka pada bulan Juni mendatang dengan empat jalur yang dibuka. Meliputi jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah mengatakan, untuk PPDP SMA tahun 2024 tidak berbeda jauh dengan tahun kemarin. Empat jalur, mulai dari zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi tetap diberlakukan.

BACA JUGA:   Larangan Buka Bersama Bagi Pejabat, Hotel di Semarang Terdampak 50 Persen Kerugian

“Untuk presentasenya juga masih kita pertahankan zonasi 55 persen, kemudian afirmasi 20 persen, perpindahan orang tua 4 persen, dan prestasi 20 persen,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Sementara pada PPDB SMK tahun 2024 kebijakannya juga masih sama dengan PPDB SMK 2023. Yakni dengan presentase 10 persen domisili, 75 persen prestasi dan 15 persen afirmasi.

Disdikbud Jateng saat ini masih sedang menyusun dan menyesuaikan petunjuk dan teknis (Juknis). Penyesuaian ini ialah hasil evaluasi dan Sekjen 12 Tahun 2023 sebagai penjelasan terkait Permendikbud 1 Tahun 2021.

BACA JUGA:   Waduh, Garis Pantai Sepanjang 270 Kilometer di Pantura Jateng Kondisinya Kritis

“Jadi untuk aturan dari pusat, masih menerapkan atau masih menggunakan Permendikbud 1/2021 dan penjelasan terkait teknisnya di Persesjen 2023. Dan beberapa hal terkait zonasi yang mempersyaratkan KK dengan bapak ibu kandung,” kata Uswatun.

“Kemudian juga kita masih pakai zonasi jarak, kemudian terkait dengan afirmasi nanti akan kita sesuaikan kebijakan yang kemarin dirapatkan. Tapi basic dari afirmasi masih dominan untuk anak-anak kurang mampu,” jelas dia.

Tidak hanya itu, pada jalur prestasi juga ada evaluasi jalur akreditasi, perlombaan, dan sebagainya. Namun, Disdikbud Jateng belum bisa menyampaikan bagian mana yang dievaluasi.

BACA JUGA:   Operasi Sikat Jaran Candi 2023, Polda Jateng Ungkap 397 Kasus Curanmor dan 293 Orang Tersangka

“Peremendikbud sudah kita proses 2 bulan kemarin, dan sekarang masih berporses karena Pergub menggunakan rekomendasi Mendagri. Semoga Minggu ini sudah turun dan kalau tidak ada halangan minggu depan sudah bisa kita rilis,” ujar Uswatun.

Sementara terkait pelaksanaan, Disdikbud Jateng berencana bakal mulai melakukan verifikasi pendaftaran untuk SMA/SMK Negeri pada 10 Juni lalu pada 20 Juni akan dibuka PPDB secara online.

Share this Article