Ad imageAd image

982 Orang Ikuti Tes CAT PPS Pilkada 2024, KPU Semarang: Rebutkan 531 Kursi 

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 720 Views
3 Min Read
Para peserta tes CAT PPS Pilkada 2024 di Kota Semarang berlangsung serius saat mengerjakan soal berbasis komputer, di Lab Komputer UPGRIS, Jumat (17/5/2024). (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Sebanyak 982 orang mengikuti tes computer assisted test (CAT) panitia pemungutan suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Tes ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang.

Pelaksanaan tes tersebut berlangsung selama dua hari, yakni mulai Jumat (17/5) hingga Sabtu (18/5) di Gedung Utama (GU) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

“Tes CAT PPS ini untuk persiapan pemilihan gubernur, wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2024. Tesnya dilaksanakan hari ini dan besok. Satu harinya ada empat sesi,” ujar Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom saat ditemui Indoraya di lokasi tes PPS CAT, Jumat pagi.

Dari ratusan peserta yang mengikuti tes CAT PPS ini, Nanda, sapaan akrabnya itu menyampaikan nantinya akan diseleksi menjadi 531 PPS yang tersebar di 177 kelurahan.

BACA JUGA:   Motif Pembunuhan Driver Taxi Online di Mugas Semarang, Bantu Biaya Kuliah Adiknya

“Jumlah peserta 982 untuk memperebutkan 531 kursi di 177 kelurahan,” jelasnya.

Dalam tes tersebut, pihaknya bekerja sama dengan UPGRIS terkait fasilitas untuk penunjang tes CAT PPS Pilkada 2024.

“Kita juga bekerja sama dengan Upgris untuk memfasilitasi terkait dengan tes komputer. Ada lima lab yang dipakai dan 150 komputer yang dipakai,” paparnya.

Sejauh ini, Nanda menyatakan tes tersebut berjalan dengan lancar, kondusif dan tidak ada trouble selama tes CAT berlangsung.

“Sampai sekarang ini berjalan dengan baik. Alhamdulillah lancar dan situasinya kondusif. Dan ruangannya cukup dingin. Dan saya kira tidak ada trouble yang berarti,” katanya.

BACA JUGA:   Bea Cukai Semarang Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal Senilai Rp2,7 Miliar

Adapun peserta yang sudah mengikuti tes CAT PPS, dia menyampaikan tahapan selanjutnya yakni tes wawancara yang bakal digelar selama 3 hari pada pekan depan.

“Setelah itu akan delegasikan PPK yang terbentuk untuk verifikasi dan wawancara terkait rekam jejak dan tanggapan masyarakat calon yang sudah mendaftar sebagai PPS di 177 kelurahan,” bebernya.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti tes CAT PPS, Rizqi Nur Angellina (22), warga Wonotingal, Candisari, Kota Semarang, mengaku dirinya melanjutkan kembali untuk menjadi PPS. Pasalnya, ia sebelumnya sudah pernah menjadi PPS dalam kontestasi Pilpres 2024 kemarin.

BACA JUGA:   Terendam Banjir, Boading Penumpang Stasiun Tawang Semarang Dialihkan

“Saya ini melanjutkan kemarin pada Pilpres. Jadi saya mendaftar lagi untuk PPS PIlkada 2024,” ujar Rizqi sesuai melaksanakan tes CAT PPS.

Dia juga mengaku soal-soal tes CAT PPS Pilkada tahun ini terbilang susah-susah gampang. Namun, dirinya bisa menyelesaikan semua dari soal tes CAT Pilkada yang diberikan waktu mengerjakan selama 1 jam 30 menit.

Menurut Rizqi, materinya berkaitan dengan kewarganegaraan, pengetahuan umum hingga undang-undang Pilkada.

“Enggak yang susah dan enggak yang mudah banget (soal-soal tes),” katanya.

Dia berharap bisa lolos. Apalagi dirinya telah berhasil menjadi PPS pada kontestasi Pilpres 2024.

“Harapannya bisa kembali menjadi PPS di kelurahan saya sendiri. Dan mengikuti prosesi selanjutnya,” pungkasnya.

Share this Article