Ad imageAd image

Antisipasi Banjir, Pemkot Pekalongan Maksimalkan Oprasional Pompa Air

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 600 Views
2 Min Read
Ilustrasi pompa air (Foto: istimewa)

INDORAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), memaksimalkan operasional rumah pompa air dengan menyiagakan 70 petugas yang selalu siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Bambang Sugiarto, mengatakan pihaknya sudah menginventarisasi kondisi seluruh rumah pompa air yang dipersiapkan untuk mengantisipasi banjir.

“Ya, hampir semua pompa air dalam kondisi baik, kecuali dua pompa air yang mengalami rusak namun kini dilakukan perbaikan,” katanya, Jumat (19/1/2024).

BACA JUGA:   Cegah Stunting dan Pernikahan Dini, Pemkot Pekalongan Libatkan Tokoh Agama

Menurut dia, dua pompa air yang rusak tersebut berada di rumah pompa Pabean Utara dan Randu Jajar Utara.

Namun, kata dia, sebagai penggantinya, pihaknya telah menyediakan masing- masing pompa keliling (mobile) yang memiliki kapasitas 50 liter per detik.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air Purwo Susetyo mengatakan pada tahun ini akan ada penambahan 4 titik pembangunan rumah pompa baru yakni 1 pompa di Kampung Baru yang memiliki kapasitas 250 liter per detik dan 3 lainnya di wilayah Bugisan berkapasitas 125 liter per detik.

BACA JUGA:   Pemkot Pekalongan Evaluasi Kebijakan Pembelian Elpiji Pakai KTP dan KK

Pembangunan rumah-rumah pompa air tersebut, kata dia, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk penanganan kawasan Sungai Bremi dan Meduri selain menyiagakan pompa, kami juga berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti BPBD, Kodim 0710/Pekalongan, dan kelurahan memungut eceng gondok berkala dan normalisasi sungai,” katanya.

 

Share this Article
Leave a comment