Ad imageAd image

Indikator Politik: Prabowo-Gibran Pasangan yang Didukung Jokowi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 919 Views
2 Min Read
Prabowo Subinato dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, menyebut Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, merupakan pasangan yang paling didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peneliti Utama Indikator Hendro Prasetyo, menjelaskan survei Indikator Politik memberi tiga nama pasangan untuk dipilih responden yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Mereka yang mengatakan bahwa paslon yang didukung Pak Jokowi itu mayoritas Prabowo-Gibran, 87,8 persen,” jelas dia, dalam konferensi pers, Jumat (9/2/2024).

Dalam survei itu, Prabowo-Gibran ada posisi paling tinggi sebagai paslon yang didukung Jokowi dengan angka 87,8 persen. Kemudian Ganjar-Mahfud dengan 3 persen, lalu Anies-Cak Imin dengan 2,1 persen.

BACA JUGA:   Menperin Agus Gumiwang Dukung Prabowo-Gibran: Pasangan Ini Dibutuhkan untuk Hadapi Tantangan

Selain itu, Survei itu mencatat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih yang tertinggi ketimbang kedua rivalnya dalam Pilpres 2024.

Elektabilitas tertinggi kedua ditempati oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 24,1 persen. Lalu Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang hanya 19,6 persen.

Melihat angka tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan tren top of mind Prabowo-Gibran terus meningkat.

“Kalau tren ini berlanjut kemungkinan satu putaran terbuka buat Pak Prabowo,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (9/2/2024).

BACA JUGA:   Diisukan Tampar Wamentan, Jokowi Sebut Prabowo Kini Sabar

Sementara, survei Indikator Politik juga menunjukkan tren top of mind Ganjar cenderung turun dan Anies cenderung stagnan. Survei tersebut, dilakukan pada 28 Januari-4 Februari 2024 dengan total sampel 1.200 responden.

Share this Article
Leave a comment