Ad imageAd image

Bangun Generasi Muda Cerdas Hadapi Pemilu 2024, Kesbangpol Gandeng GMNI Gelar Dialog Nasional

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 915 Views
3 Min Read
Membangun generasi muda cerdas dalam menatap Pemilu 2024, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggandeng Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jateng menggelar Dialog Nasional, Rabu (29/3/2023). (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Membangun generasi muda cerdas dalam menatap Pemilu 2024, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggandeng Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jateng menggelar Dialog Nasional, Rabu (29/3/23).

Dialog Nasional kali ini mengusung tema “Penguatan Sistem Implementasi Kelembagaan Politik” bertempat di Ruang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal.

Sejumlah narasumber berkompeten turut dihadirkan dalam dialog nasional itu. Yakni Politikus Senior dari Kota Tegal Edy Suripno, Bendahara KNPI Jateng M Ersal Aburizal. Selain itu, ada Tommy Aziz, Ketua PPK Tegal Selatan.

Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin mengatakan pihaknya memang berkomitmen untuk menggelar sejumlah kegiatan bersama Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP) terkait sosialisasi wawasan kebangsaan dan pendidikan politik.

BACA JUGA:   Petasan Meledak di Kendal, Sebuah Rumah Alami Kerusakan dan 3 Orang Luka Parah

Salah satunya, seperti kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan GMNI Jateng bersama pihaknya.

Menurut Haerudin, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari proses pendidikan politik pada generasi muda. Tentu saja, ia berharap generasi muda bisa menciptakan kondusivitas wilayah dan memperkuat toleransi.

“Ya kedepannya ini semakin banyak generasi muda yang terlibat dalam pendidikan politik kebangsaan. Dan harapannya generasi muda semakin cerdas menghadapi pesta demokrasi 2024 mendatang, termasuk di dalamnya persiapan menuju 2024,” ujar Haerudin kepada Indoraya, Rabu malam.

BACA JUGA:   Kasbangpol Jateng Gunakan Pendekatan Dialog Langsung dengan Masyarakat Tangani Konflik Sosial

Dalam pemaparan menjadi narasumber, Bendahara KNPI Jateng, M Ersal Aburizal menyampaikan bahwa generasi muda bisa menjadi dari perubahan untuk menyiapkan di Indonesia 2045, yaitu tidak harus terjun ke partai politik, namun bisa juga melalui organisasi badan otonom partai politik maupun bergabung OKP.

“Partisipasi politik, tidak harus bergabung ke partai politik maupun badan otonomnya. OKP seperti teman-teman ini juga bagian dari partisipasi politik. Jadi kesimpulannya, saya mengajak teman-teman semua untuk melakukan sesuatu dari hal yang kecil, kita bisa melakukan partisipasi politik untuk bangsa ini, “papar Ersal, sapaan akrabnya.

BACA JUGA:   KPU Semarang: Ada 687 Nama Calon Anggota Legislatif Pemilu 2024 Telah Ditetapkan

Narasumber lainnya, Politikus Senior dari Kota Tegal Edy Suripno menambahkan jika hari ini kondisi lembaga politik dan legislatif mengalami penurunan kepercayaan, maka momentum generasi muda menjadi peluang sekaligus tantangan.

“Bagaimana teman-teman atau generasi muda memiliki kesadaran politik yang perlu dibangun hari ini, yaitu kesadaran politik. Karena, negara kita adalah negara republik yang pada akhirnya kepemimpinan atur roda pemerintahan akan jatuh kepada generasi generasi yang akan datang,” imbuh mantan Ketua DPRD Kota Tegal 2014.

Di akhir acara, Perwakilan GMNI Jawa Tengah dan GMNI Tegal sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun GMNI ke-69.

Share this Article
Leave a comment