Ad imageAd image

DPD RI Angelius Wake Nilai Program Makan Siang Gratis Harus Libatkan Tiap Daerah

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 743 Views
2 Min Read
Ilustrasi makan siang gratis. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Program makan siang gratis yang diusung oleh presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming terus menjadi perhatian. Anggota DPD RI Angelius Wake Kako berpendapat bahwa program makan siang gratis ini harus menjadi gerakan sosial.

“Sebagai anggota DPD RI dari dapil NTT, saya menilai daerah harus dilibatkan dalam program ini. Jangan sampai semua produk datang dari Jakarta dan dikirim ke daerah. Model seperti itu tidak boleh dilakukan; yang perlu dilakukan adalah memberdayakan masyarakat lokal dalam menyiapkan bahan baku,” ujar Angelo Wake dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (17/5/2024).

BACA JUGA:   TKD Prabowo-Gibran di Jateng, Ada Owner Suara Merdeka hingga Mantan Bupati Batang

“Kita mendorong pemanfaatan sumber daya lokal agar ekonomi berputar hingga ke pelosok-pelosok. Kami mendukung program makan siang dan susu gratis ini untuk menyiapkan generasi unggul Indonesia,” lanjutnya.

Pernyataan ini juga disampaikan dalam diskusi yang diadakan oleh Forum Aktivis Nasional (FAN). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah, peneliti Setyo Budiantoro, serta pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi dan dari UNKRIS Krisnadwipayana.

Angelo mengaku tengah menunggu pengumuman resmi terkait konsep dan desain implementasi program tersebut. Ia mendorong agar gerakan ini menjadi kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.

BACA JUGA:   Gerindra Ungkap Pertemuan Prabowo-Gibran Bahas Program Makan Siang dan Susu Gratis

“Kita mendorong agar ini menjadi gerakan gotong royong antara pemerintah pusat dan pemda. Visi-misi kepala daerah dapat disesuaikan agar masyarakat siap ketika program ini dimulai. Kami sarankan agar modelnya tidak top-down, tetapi dari bawah ke atas untuk bahan bakunya. Ide besar dan cerdas dari Prabowo ini bertujuan agar masyarakat mendukung penuh untuk menyelamatkan generasi Indonesia,” jelasnya.

Share this Article