Ad imageAd image

Pj Bupati Magelang Apresiasi Kegiatan TNI Bangun Desa, Harap Tingkatkan Kesejahteraan Desa

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1 View
2 Min Read
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Magelang. (Foto: Pemkab Magelang)

INDORAYA – Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto, mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa. Dia menilai kegiatan itu, komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam mencapai cita-cita bersama mewujudkan desa sejahtera, mandiri, dan berdaya saing.

“Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini diharapkan dapat dilakukan secara jelas baik dari proyek pembangunan fisik dan non-fisik,” katanya saat membuka program TMMD di Dusun Sindas I, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (20/2/2024).

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I ini, turut dihadiri segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, OPD terkait dan jajaran Forkompimcam Secang.

Untuk diketahui, kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Pancuranmas, Secang, terdiri atas kegiatan fisik dan non-fisik. Adapun kegiatan pembangunan fisik berupa pembangunan rabat beton dan senderan jalan serta.

Sementara kegiatan non-fisik, berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, perpustakaan keliling, penanaman pohon, pembagian sembako bagi keluarga kurang mampu dan pelayanan rekam KTP serta aktivasi identitas kependudukan.

Sepyo menyampaikan, dengan adanya pembangunan jalan desa ini, dia berharap setiap desa memiliki infrastruktur jalan yang baik. Katanya, jalan yang baik itu upaya pengembangan potensi ekonomi lokal serta meningkatkan aksesibilitas warga.

Selain itu, dia juga menilai adanya kegiatan non-fisik juga diharapkan dapat memberikan dampak holistik dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Menurut Sepyo, TMMD tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur fisik desa, namun juga memperkuat modal sosial dalam pembangunan sosial masyarakat.

“Pada prinsipnya, TMMD bagian dari ikhtiar kita bersama yang dilandasi semangat kegotongroyongan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar dia

“Artinya, TMMD bagian dari upaya meningkatkan kesetiakawanan sosial guna memperkuat ketahanan masyarakat. Inilah cara kita merawat ke-Indonesia-an kita hari ini,” tambahnya.

Share this Article