Ad imageAd image

KPU Kota Semarang Sebut Berkas Pendaftaran Bacaleg Gerindra Lengkap

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 954 Views
4 Min Read
Sebanyak 50 orang daftarkan calon legislatif dari Gerindra ke KPU Kota Semarang, Sabtu (13/5/2023). (Foto: Cak Wi)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menyatakan berkas pengajuan pendaftaran 50 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Semarang dari Partai Gerindra sudah lengkap dan diterima.

“Berkas persyaratan Bacaleg dari Gerindra tadi sudah dicek, sudah lengkap,” jelas Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom kepada Indoraya, Sabtu (13/5/2023).

Pria yang akrab disapa Nanda itu menjelaskan, dokumen persyaratan itu dinyatakan lengkap, dikarenakan dari keterwakilan perempuannya sudah mencapai 30 persen, atau sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023.

“Karena, keterlibatan perempuan sudah 30 persen. Ini sesuai dengan peraturan yang lama ya, 33 laki laki dan 17 perempuan,” ujar Nanda.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Joko Santoso mengatakan, partainya menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg DPRD Kota Semarang ke KPU sesuai dengan perintah dari DPP Gerindra, yakni mendaftarkan Bacaleg tepat pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA:   Banjir Terjang Perumahan Dinar Indah Semarang, Satu Lansia Meninggal Dunia

Adapun Bacaleg yang didaftarkan oleh pihaknya yaitu berjumlah 50 orang, terdiri dari 33 caleg laki laki dan 17 caleg perempuan.

Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini, kata Joko, terdapat perbedaan partisipasi dari tahun sebelumnya. Tahun ini, Joko menjelaskan ada 15 Bacaleg dari kalangan milenial ikut berpartisipasi.

“Kita sertakan Bacaleg yang ada di kota Semarang berjumlah 50 caleg. Dan 15 orang dibawah umur 30 tahun,” papar Joko.

Selain itu, menurut Joko, sisa dari 15 orang kalangan milenial tersebut partainya melakukan rekruitmen Bacaleg dari internal dan eksternal Gerindra Kota Semarang, mulai dari incumben hingga unsur sayap partainya.

“Incumbent semuanya ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2024, ada unsur sayap partai terwakili, dari external juga ada, internal juga ada,” kata Joko.

BACA JUGA:   Tinjau Pasar Karang Ayu Semarang, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Serap Aspirasi Pedagang

Kemudian, ia mengungkapkan dirinya yakin kontestasi politik 2024 mendatang akan menggaet lebih banyak kursi legislatif. Pasalnya, DPC Partai Gerindra Kota Semarang telah menyiapkan kader yang memiliki kapasitas dan jiwa petarung.

“Proses rekrutmen Bacaleg ini kita dapatkan caleg caleg petarung. Insyaallah dengan caleg petarung ini kita akan berusaha memaksimalkan apa yang menjadi target dari partai yang dibebankan kepada DPC partai Gerindra kota Semarang,” ungkapnya.

Disinggung soal target, Joko menargetkan Pileg 2024 mampu mendapatkan 2 kursi bahkan lebih di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Kota Semarang.

“Dapil 2, dapil 3, dan dapil 4 itu pasti akan all out untuk mendapatkan lebih dari 2 kursi. Namun tidak menutup kemungkinan di dapil satu, dapil 5, dan dapil 6 akan maksimal juga dapat 2 kursi. Insyaallah,” beber dia.

BACA JUGA:   Produk Daur Ulang Bank Sampah Mulyo Sedoyo Tembus Singapura, Omzetnya Capai Rp13 Juta

Di sisi lain, setelah pendaftaran Bacaleg ini yaitu pihaknya akan fokus pada strategi pemenangan partai yaitu dengan melakukan konsolidasi dan pemantapan untuk calon legislatif.

Salah satunya, pengerahan sebanyak 4.500 kader Gerindra untuk mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu juga Partai Gerindra Kota Semarang berfokus pada gerakan kaum milenial melalui teknologi.

“Gaet kaum Milenial yang melek IT. Kita rekrut kaum Milenial bagaimana caranya menaikkan citra partai Gerindra melalui media sosial. Alhamdulillah kita sudah memulai,” ucapnya

Terakhir, Joko membeberkan ada 2 calon remaja yang diajukan oleh partai yang berusia paling muda 22 tahun.

“Milenial termuda ada 2 orang,” tuntasnya.

Share this Article
Leave a comment