Ad imageAd image

Tercatat 1 Juta Penumpang Naik Kereta Api dari Daop 4 Semarang Selama Lebaran, Franoto: Naik 14 Persen

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 800 Views
5 Min Read
Selama angkutan lebaran 2024, stasiun di Daop 4 Semarang terlihat sangat ramai dan bahkan tercatat hingga 1 juta penumpang. (Foto: PT KAI Daop 4 Semarang)

INDORAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mencatat melayani 1.043.349 penumpang. Angka tersebut tercatat sepanjang masa angkutan Lebaran Tahun 2024, dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

Sementara dari 1 juta penumpang itu, ada 47.424 penumpang per hari selama 22 hari tersebut.

PT KAI Daop 4 Semarang mengklaim jumlah penumpang selama Lebaran 2024 meningkat 14 persen ketimbang tahun sebelumnya.

“Jumlah penumpang di periode Lebaran ini meningkat 14% dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran Tahun 2023 dimana KAI Daop 4 Semarang melayani sebanyak 913.376 pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

Franoto menilai pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini selama periode 22 hari itu berjalan lancar dan aman. Apalagi jika melihat data pihaknya, penumpang di wilayahnya mengalami peningkatan, maka pihaknya pun terus berupaya meningkatkan pelayanan di moda transportasi kereta api.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan di tahun 2024 ini,” ucapnya.

BACA JUGA:   Sanksi Bertanding Tanpa Penonton Dianggap Berat, PSIS Semarang Ajukan Banding

Dia menjelaskan bahwa pada periode Angkutan Lebaran tahun ini, Daop 4 Semarang secara total melayani penumpang naik atau berangkat sebanyak 513.158 pelanggan dan penumpang turun atau datang sebanyak 530.191 pelanggan yang tersebar di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

“Puncak volume penumpang naik atau berangkat tertinggi pada periode Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Minggu, 14 April 2024 sebanyak 33.444 penumpang. Sedangkan untuk penumpang turun atau datang tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada tanggal yang sama yaitu pada Minggu, 14 April 2024 sebanyak 31.532 penumpang,” terangnya.

Para pelanggan di Daop 4 Semarang selama masa angkutan Lebaran, menurut Franoto, rute favorit didominasi dengan tujuan
Semarang-Jakarta PP, Semarang-Surabaya PP, Tegal-Jakarta PP, Semarang-Tegal PP dan Semarang – Solo PP.

“Sedangkan untuk kereta api favorit di wilayah Daop 4 Semarang diantaranya KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi pp, KA Tawang Jaya relasi Semarang Poncol – Pasar Senen pp, KA Kamandaka relasi Semarang Tawang – Purwokerto pp, KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Pasar Senen pp, dan KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol – Pasar Senen pp,” papar Franoto.

BACA JUGA:   Dibayar Rp 6 Juta, Aksi Pawang Hujan Ini Berhasil Sukseskan Kampanye Prabowo-Gibran

Adapun 5 stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan volume penumpang tertinggi selama periode 31 Maret sampai dengan 21 April 2024 meliputi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan jumlah penumpang yang naik sebanyak 142.747 pelanggan, diikuti Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 129.218 pelanggan, Stasiun Tegal dengan jumlah 77.765 pelanggan, Stasiun Pekalongan dengan jumlah 56.732 pelanggan, dan Stasiun Cepu dengan jumlah 24.037 pelanggan.

“Selama masa angkutan lebaran 2024, juga terdapat 792 KA dengan keberangkatan awal dari stasiun- stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan persentase ketepatan waktu KA berangkat sebesar 99,9 persen,” imbuhnya.

Franoto mengatakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di periode Lebaran 2024 ini tak lepas dari peran seluruh insan KAI dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang mengutamakan pelayanan dan keselamatan.

BACA JUGA:   Kota Semarang Terapkan Larangan Peredaran dan Konsumsi Daging Anjing

“Kami mengucapkan apresiasi kepada internal dan eksternal seperti DJKA Kemenhub, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang dan Komunitas Railfans yang mewujudkan Angkutan Lebaran 2024 KAI dapat terlaksana dengan baik. Hal ini memberikan motivasi bagi KAI untuk senantiasa memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat,” kata Franoto.

Usai angkutan Lebaran ini, KAI akan terus meningkatkan fasilitas untuk penumpang baik di kereta api ataupun di stasiun-stasiun, sehingga layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat untuk angkutan Lebaran, Nataru, dan pada momen-momen lainnya.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada para masyarakat dan pelanggan KA atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama periode Angkutan Lebaran 2024 ini. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” tutup Franoto.

Share this Article
Leave a comment