Ad imageAd image

Siapkan Calon Pemimpin Perempuan, Pira Jateng Bekali 260 Kader Pendidikan Politik

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 155 Views
3 Min Read
Suasana Seminar Pendidikan Politik PD Pira Jawa Tengah di Kantor DPD Partai Gerindra, Rabu (31/8/2022) (dok. Athok Mahfud)
INDORAYA – PD Perempuan Indonesia Raya (Pira) Jawa Tengah (Jateng) sebagai sayap partai perempuan Partai Gerindra terus menunjukkan komitmennya dalam memperjuangkan hak perempuan untuk terjun dan terlibat aktif dalam dunia politik.

Salah satu komitmen itu diwujudkan melalui Seminar Pendidikan Politik yang digelar di Kantor DPD Partai Gerindra Jateng pada Rabu (31/8/2022). Dalam kegiatan ini, sebanyak 260 kader Pira perwakilan dari 35 cabang di Jateng mendapatkan bekal pengetahuan dan motivasi sebelum menjadi calon pemimpin.

Adapun dalam acara ini, PD Pira menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain Ketua Umum PP Pira Sumaryati Arjoso, Ketua DPD Gerindra Abdul Wachid, Ketua PD Pira Jateng Nunung Muchayatun, dan Komisioner KPU Jateng Diana Ariyanti.

Ketua PD Pira Jateng Nunung Muchayatun mengatakan bahwa Seminar Pendidikan Politik ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada kader sekaligus menyiapkan calon pemimpin perempuan, khususnya dari Pira, untuk terjun pada Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:   Lesti Kejora Lakukan Perjanjian Damai Dengan Rizky Billar

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang memperkuat silaturahmi dan koordinasi antar pengurus Pira di tingkat cabang, daerah, maupun pusat. Ia juga berharap melalui acara ini, roda organisasi Pira dapat berjalan dengan baik sehingga dapat mendukung pemenangan Partai Gerindra pada pesta demokrasi di tahun 2024 besok.

“Di sini kami memberikan ilmu tambahan dan motivasi kepada kader yang akan terjun ke lapangan menjadi relawan dalam pemenangan Gerindra. Selain pembekalan dan pengarahan juga ada silaturahmi. Karena di Jawa Tengah ini sistemnya kekeluargaan yang kita terapkan, prinsipnya saling asah, asih, dan asuh,” ujar Nunung saat diwawancarai usai acara.

BACA JUGA:   KAI Blacklist Penumpang Yang Melakukan Pelecehan Seksual

Selanjutnya, Ketua Umum PP Pira Sumaryati Arjoso menegaskan bahwa perempuan memiliki peran penting dalam dunia politik. Terlebih, negara Indonesia sendiri memberikan kuota sebanyak 30 persen bagi perempuan menduduki kursi parlemen.

Ia meminta kepada para kader Pira untuk terus bersinergi dan bergerak bersama demi tercapainya kemenangan Partai Gerindra di Pemilu 2024. Ia juga berharap bahwa ke depannya ada kader Pira yang akan maju mencalonkan diri sebagai wakil rakyat mewakili Partai Gerindra.

“Perempuan harus dipersiapkan menjadi caleg dengan berbagai pelatihan guna peningkatan kualitas, pemahaman kesetaraan gender, kemampuan berbicara, dan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Minyak Goreng Mahal, Politisi Gerindra, Prasetyo Hadi: Negara Harus Hadir Di Tengah Keslutian Masyarakat

Sementara itu, Hesti Eko Purwaningrum salah satu peserta Seminar Pendidikan Politik perwakilan PC Pira Kota Semarang begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Menurutnya seminar ini semakin menginspirasi dan memberikan motivasi kepada dirinya untuk terjun ke dunia politik.

Hesti pun mengaku bahwa dirinya memiliki niat dan rencana untuk maju menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Pileg Kota Semarang 2024. Hal tersebut merupakan bentuk komitmennya untuk terus mengembangkan dan memajukan Partai Gerindra.

“Acara ini tentu menginspirasi saya kalau perempuan harus ikut andil dan terlibat aktif dalam masyarakat. Perempuan harus bisa menunjukkan bahwa dirinya bisa mengambil peran dalam kehidupan masyarakat melalui politik,” ujar Hesti.

Share this Article