Ad imageAd image

Protes Skema One Way di Tol Cipularang Didominasi Supir Truk dan Travel

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 104 Views
3 Min Read
Aksi protes warga blokir jalan tol di Cipularang pukul 07.50 WIB, Jumat 29 April 2022 (dok. Istimewa)
INDORAYA – Pemberlakuan skema one way dari arah Jakarta menuju ke timur mendapatkan protes dari warga di sekitar Jalan Tol Cipularang. Bahkan warga sempat memblokir jalan yang dilalui oleh pemudik di Tol Cipularang.

Demira, salah satu saksi pemblokiran jalan tersebut mengatakan protes terjadi sekira pukul 07.50 WIB, Jumat (29/4/2022).

“Karena nggak ada gerakan lah dari pihak kepolisian lalu lintas, terus akhirnya warga protes dengan caranya ngeblokir jalanan di yang arah ke Bandung, itu sekitar pukul 07.50 an,” kata Demira.

Demira mengatakan protes itu diakibatkan warga yang mulai resah karena tidak ada pergerakan arus lalu lintas arah Jakarta. Bahkan dia menyebut ada beberapa warga yang membatalkan tiket pesawat.

“Akhirnya karena sampai pagi kan, mungkin orang mulai resah ya warga lagi banyak yang mau menuju bandara, banyak yang cancel pesawat gitu jadinya pokoknya pada protes kayak gitu,” katanya.

BACA JUGA:   Biaya Operasional Batik Solo Trans Naik Jadi Rp 31 Juta, Pemkot Akan Lakukan Penyesuaian

Protes itu disebut berlangsung selama kurang lebih satu jam. Kemudian, pada pukul 09.15 WIB, jalur tol arah Jakarta mulai dibuka.

“Terus protesnya berlangsung sekitar 1 jam-an gitu, terus abis itu jalan sedikit, terus berhenti lagi akhirnya diblokir lagi. Terus 09.15 mulai dibuka ke Cikampek yang arah Jakarta sudah lancar,” katanya.

Lebih lanjut, Demira mengatakan upaya protes itu didominasi sopir truk dan sopir travel. Dia menyebut ada puluhan orang yang melakukan protes.

“Iya kebanyakan tuh yang sopir truk, sopir travel. Kalau jumlah di foto ya, puluhan, diajak-ajakin gitu,” ujarnya.

BACA JUGA:   Akibat Dendam Lama, Petani di Brebes Ini Tega Bacok Tetangga

Dikonfirmasi terpisah, Dirlantas Polda Jabar Kombes Romin Thoyib membenarkan soal adanya lalin arah Jakarta yang tak bergerak tersebut. Dia menyamakan penerapan one way di Puncak.

“Jadi ya emang tol itu kan Tol Cipularang. Jadi kalau tadi saya berjalan dan tadi dapat informasi kan tadi saya lihat situasi di arteri yang teralihkan. Emang mayoritas mereka menunggu sama kaya di Puncak kan, misalnya one way ke atas yang di bawah nunggu. Karena pasti kan ada yang turun dari mobil nggak pasti di dalam mobil. Nunggu waktu kapan ke arah jakarta bisa dibuka,” katanya.

Sebelumnya, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi menyebut warga yang dari arah Bandung, Jawa Barat, menuju Jakarta, pada pagi ini sudah bisa melewati jalan tol. Jalan tol arah Jakarta telah dibuka per pukul 09.05 WIB.

BACA JUGA:   Tujuh Kelurahan di Kota Semarang Ini Jadi Fokus Pengentasan Kemiskinan¬†

“Masyarakat dari Bandung yang akan menuju ke Jakarta nanti bisa melewati jalur tol seperti biasa,” kata Eddy, Jumat (29/4/2022).

“Jam 09.05 yang dari Bandung sudah bisa melintas,” imbuhnya.

Sementara itu, Eddy mengatakan pihaknya telah menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur atau di jalur kendaraan dari Km 47 sampai Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Dengan itu, rekayasa tersebut memberikan kesempatan kepada pengendara dari Bandung menuju Jakarta untuk bisa lebih leluasa melintas.

“Rekayasa lalu lintas lainnya akan dilaksanakan cara bertindak contraflow 1 lajur dari Km 47 sampai Km 70 GT Cikampek Utama,” ujar Eddy.(FZ)

Share this Article