Ad imageAd image

Program Pengembangan Wirausaha Muda Disporapar Jateng Libatkan 120 Pemuda Mengabdi di 18 Kabupaten

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 765 Views
3 Min Read
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Agung Hariyadi. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Program pengembangan wirausaha muda Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) bakal melibatkan sebanyak 120 pemuda yang akan mengabdikan diri di 18 kabupaten di wilayah Jateng.

Program tersebut bertajuk Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP). Melalui program ini para peserta akan mengangkat potensi pada masing-masing desa sehingga masyarakat dapat berdaya dan pertumbuhan ekonomi juga meningkat.

“Jadi ada 18 kabupaten yang kita sasar untuk program PKKP ini, dari 18 kabupaten kita ambil 60 desa, kemudian 120 pemuda akan ditugasakan untuk melakakukan bimbingan di daerah tersebut,” kata Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi.

Dia merinci 18 kabupaten itu meliputi Kabupaten Sragen, Banjarnegara, Blora, Grobogan, Magelang, Purbalingga, Wonogiri, Pemalang, Demak, Banyumas, Klaten, Purworejo, Rembang, Wonosobo, Kendal, Jepara, Kebumen, dan Brebes.

BACA JUGA:   Bantuan Sumur Bor Prabowo di Banyumas, Mbak Tunjung: Beliau Bergerak Nyata Atasi Kekeringan

Program PKKP menjadi wadah Disporapar Jateng untuk memberikan ruang bagi pemuda yang berkompeten. Baik dibidang ekonomi, information technology (IT), pertanian, peternakan, perkebunan, dan lainnya yang dibutuhkan oleh desa.

Pihaknya berharap120 pemuda yang bakal diterjunkan ke masyarakat ini mempunyai jiwa idealisme yang tinggi. Terlebih masalah kemiskinan di Jateng belum usai. Melalui program PKKP ini diharapkan kemiskinan apat menurun.

“Yang disasar adalah desa, jadi bagaimana desa ini tetap lestari digali potensinya sehingga alamnya tetap lestari namun ekonominya bertumbuh,” ungkap Agung.

BACA JUGA:   Bawaslu Jateng Persilakan Saksi Parpol Laporkan Dugaan Penggelembungan Suara PSI

Jadwal dan Tahap Pendaftaran

Diketahui program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) 2024 dibuka pada 17 hingga 26 Januari 2024. Bagi para pemuda yang tertarik dapat mendaftarkan diri melalui laman simudaperwira.jateng.go.id.

Setelah pendaftaran dilanjut, ujian CAT secara online sekaligus pengumuman hasil ujian pada 27 Januari. Peserta yang lolos mengumpulkan berkas ke Dinas Pemuda setempat pada 29 Januari hingga 7 Februari 2024.

Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 16 Februari. Seleksi wawancara 19 hingga 21 Februari dan diumumkan pada 23 Februari 2024. Peserta lolos seleksi lalu mengikuti pembekalan pada 5 hingga 7 Februari. Selanjutnya penempatan di desa pada bulan April hingga Desember 2024.

BACA JUGA:   Ada 18.076 Pelanggaran Lalu Lintas Selama Tujuh Hari Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024

Bagi pemuda yang ingin mendaftar, seleksi penerimaan calon peserta kegiatan PKPP Provinsi Jawa Tengah 2024 tidak dipungut biaya. Berkas yang sudah dikirim menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali.

Informasi dan perkembangan penerimaan calon peserta program PKKP Provinsi Jawa Tengah 2024 dapat dilihat melalui website simudaperwira.jatengprov.go.id dan Instagram @abinayamuda.

Pendaftaran online akan ditutup secara otomatis pada tanggal 25 Januari 2024 hingga 7 Februari 2024. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Bagi yang sudah pernah mengikuti program PKPP sebanyak dua kali akan langsung digugurkan saat pengumuman seleksi administrasi.

Share this Article
Leave a comment