Ad imageAd image

Inilah Bahan Jamu Ayam Aduan Agar Makin Garang

Redaksi
By Redaksi 492 Views
5 Min Read
Foto ilustrasi ayam aduan.

JAMU ayam aduan kerap dipakai para botoh agar ayam menjadi kuat napas dan tenaga. Selain menambah stamina, pemakaian jamu juga dapat membuat ayam mempeng, garang, dan kuat. Bahan alami kerap dipakai para botoh karena dinilai aman untuk kesehatan ayam aduan, baik jenis birma, bangkok, mangon, maupun pakoi atau silangan lain.

Beredar banyak di pasar beragam merek jamu ayam aduan. Namun jamu ayam aduan yang diracik secara herbal, kerap dipakai oleh para botoh ayam di Indonesia. Kekuatannya dalam menambahkan stamina dan membuat kuat napas jadi keunggulan jamu ayam.

Inilah bahan untuk meramu jamu ayam aduan yang kerap dipakai para botoh:

1. Kunyit

Sebagai tipe tanaman obat yang terdapat banyak di sekitar kita. Bukan rahasia lagi, zat curcumin yang terdapat di dalamnya baik sekali untuk kesehatan ayam. Kunyit kerap jadi jamu untuk manusia, khususnya digunakan untuk kecantikan.

Tetapi selainnya untuk manusia kunyit dapat digunakan untuk bahan jamu ayam aduan guna menambah stamina. Kunyit bisa menggairahkan ayam untuk rajin makan hingga bisa sehat.

2. Jahe

BACA JUGA:   Pedagang Angkringan di UPGRIS Semarang Ini Sulap Sampah Jadi Kerajinan

Menjadi satu di antara tanaman herbal yang telah dikenali warga Indonesia. Jahe kerap digunakan untuk minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Kandungan dalam jahe bisa membenahi penyakit masalah pencernaan. Hingga dapat sebagai bahan membuat jamu ayam aduan. Perannya untuk menahan penyakit pencernaan pada ayam.

3. Lengkuas

Orang jawa kerap menyebutkan lengkuas dengan panggilan laos. Kandungan dalam herbal yang ini sangat banyak. Terdapat vitamin A dan C, di samping itu ada zat besi dan serat dan karbohidrat.

Lengkuas kerap dipakai untuk bahan racikan jamu untuk ayam. Anti-oksidan yang ada di dalamnya benar-benar berguna untuk kebal ayam pengaduan.

Di samping itu lengkuas baik sekali untuk menyembuhkan ayam sakit karena terhitung anti ngilu terdapat di dalamnya. Dan bisa kurangi infeksi pada ayam.

4. Temulawak

Untuk tipe herbal yang ini sudah umum dijumpai warga Indonesia dari dulu. Nenek moyang kita telah memakainya sejak dulu, hingga manfaatnya tidak disangsikan kembali.

Temulawak sebagai bahan ramuan jamu ayam aduan karena gampang didapat di sekitaran kita. Fungsinya mengobati berbagai masalah kesehatan ayam, mulai dari kurang nafsu makan, diare, hingga gangguan fungsi hati.

BACA JUGA:   Cerita Keluarga Fita Sedang Salat Magrib Berjamaah Saat Banjir Menerjang Perumahan Wahyu Utomo Ngaliyan

Senyawa curcuminoid di dalamnya sebagai anti-oksidan yang bagus. Faedah yang seringkali kita dengar untuk menggairahkan selera makan. Hingga ayam akan lahap makan, yang pada akhirnya bisa mempertahankan kesehatan ayam.

5. Madu

Dalam upaya menjaga kesehatan ayam, madu berhasiat untuk menghasilkan energi dan memulihkan tenaga ayam terutama ayam yang keleahan, lemas dan tidak bertenaga. Ayam yang diberi madu pun akan meningkat daya tahan tubuhnya dan dapat meningkatkan stamina ayam tersebut.

Penambah stamina ini kemungkinan disebabkan oleh nutrisinya yang lengkap dan merupakan penghasil energi yang unik bagi manusia mau pun ayam aduan.
Madu sebagai sumber energi dan nutrisi dibuktikan dengan jumlah energi yang dikandungnya, yaitu 3280 kilokalori/kg madu yang setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging (Suranto, 2007). Oleh karna itu, Sebagian besar botoh menyarankan madu sebagai asupan untuk ayam yang akan berlaga.

6. Telur Bebek

BACA JUGA:   Petani Sawit Minta Pemerintah Buka Kran Ekspor CPO

Tidak semua telur baik untuk ayam bangkok aduan, maka dari itu rekan-rekan botoh harus tahu ini. Telur yang cocok untuk ayam aduan diantaranya adalah telur ayam kampung, telur bebek dan telur burung puyuh. Kandungan kaya akan protein pada telur sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan.

7. Ikan Gabus

Pemberian daging ikan gabus pada ayam aduan telah bukan rahasia umum lagi. Ikan gabus miliki muatan albumin yang diakui bisa mepercepat pengobatan cedera. Serta nutrisi yang terdapat pada daging ikan gabus juga juga bermacam juga lumayan tinggi. Muatan itu di antaranya yakni protein, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1 serta masih banyak yang lain.
Ikan gabus juga mampu mendukung perkembangan serta penciptaan otot. Muatan protein yang lumayan tinggi pada daging ikan gabus miliki manfaat buat penciptaan otot pada ayam aduan. Selain itu ikan gabus juga mampu menguatkan tulang serta paruh ayam aduan. Tingginya kalsium yang terdapat pada daging ikan gabus sangatlah bagus untuk memperhatikan kesehatan tulang serta paruh ayam aduan.(IR)

Share this Article