Ad imageAd image

Wakil Ketua DPRD Jateng Ingatkan Pentingnya Pemahaman Nilai-nilai Ideologi Pancasila

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 10k Views
2 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng) Heri Pudyatmoko

INDORAYA – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng) Heri Pudyatmoko meningatkan pentingnya pemahaman nilai-nilai ideologi Pancasila. Pancasila merupakan salah satu pilar kebangsaan yang menjadi dasar dan ideologi negara.

Ia mengatakan, Pancasila memiliki peran dan kedudukan penting bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila juga pandangan dan tujuan hidup, serta pondasi dan pemersatu bangsa.

Heri menjelaskan, Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila mrmjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia. Dalam UUD 1945 alenia keempat juga disebutkan rumusan sila-sila Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

BACA JUGA:   Belum Lunasi Biaya, 4.000 Lebih Calon Jemaah Haji Jateng Terancam Diganti

“Rumusan sila-sila Pancasila itulah dalam hukum positif Indonesia secara yuridis konstitusional sah, berlaku, dan mengikat seluruh lembaga negara, lembaga masyarakat, dan setiap warga negara tanpa terkecuali,” ucapnya.

Diterangkannya, Pancasila sebagai ideologi negara dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika, moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara.

Menurutnya, ada banyak pembelajaran yang dapat dipetik dari Pancasila. Misalnya dalam Sila Pertama, saling menghormati antarumat beragama, beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, dan mewaspadai paksaan terhadap ajaran tertentu.

BACA JUGA:   1.911 Bacaleg DPRD Jateng Terdaftar, KPU Sebut Pertarungan di Semua Dapil Sengit

“Pancasila juga mengajarkan kita menjadi orang yang bersikap sosial di tengah masyarakat. Menjaga persatuan dan kesatuan, bersikap netral dalam pencegahan permasalahan masyarakat, dan menghidupkan forum dialog dalam setiap penyelesaian masalah,” ujar Heri.

Menurutnya, saat ini Pancasila menghadapi berbagai tantantan, mulai dari arus globalisasi dan ancaman paham radikalisme dan terorisme. Namun ketika setiap orang memegang teguh prinsip yang ada dalam setiap sila, berbagai tantangan akan mampu dihadapi.

Lebih lanjut, ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sehingga kesatuan dan persatuan bangsa dapat terwujud dan masyarakat bisa bidup dengan harmonis.

BACA JUGA:   Gelar Workshop Peliputan Pemilu 2024, Pekerja Media Diingatkan Jaga Netralitas dan Kualitas

“Tentu kelima sila dalam Pancasila bukan sekarar teks yang hanya untuk dihafalkan saja di sekolah-sekolah. Akan tetapi tujuannya yaitu untuk diimplementasikan, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, ini poin pentingnya,” pungkas Heri. [Adv-Indoraya]

Share this Article
Leave a comment