Ad imageAd image

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Sepi Peminat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 944 Views
2 Min Read
Ilustrasi motor listrik. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengungkap tiga penyebab program subsidi motor listrik sepi peminat.

Alasan pertama menurut Moeldoko, belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya subsidi tersebut. Pasalnya, peraturan mengenai subsidi kendaraan listrik yang baru dibentuk.

Penyebab kedua, kata dia, aplikasi Sisapira yang digunakan untuk memproses pembelian motor listrik subsidi belum tersosialisasi dengan baik sehingga masyarakat belum paham cara mendapatkan insentif Rp7 juta tersebut.

“Ketiga, sepertinya ini belum menjadi konsumsi publik. Kita belum membicarakan ini (subsidi kendaraan listrik) di mana-mana, sehingga masih pada bingung, menunggu, wait and see semuanya,” katanya dalam Green Economic Forum CNBC di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

BACA JUGA:   Subsisi Motor Listrik Berlaku Tahun 2023-2024

Moeldoko menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan langsung memimpin rapat antarpemangku kepentingan di saat subsidi motor listrik sepi peminat.

“Persoalannya pertumbuhan pembelian sepeda motor ini sampai di tahap ini masih lambat. Pada rapat terakhir Jumat (19/5/2023) pertumbuhan itu baru 108 sepeda motor yang terbeli. Kemarin sudah kita rapatkan semuanya, dipimpin Pak Luhut,” ujarnya.

Moeldoko menegaskan subsidi ini diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan. Ia menyinggung beberapa syarat penerima insentif Rp7 juta ini, termasuk masyarakat penerima bantuan sosial tertentu.

BACA JUGA:   Syarat Subsidi Motor Listrik Bakal Dihapus, Diganti 1 KPT 1 Beli Motor

“Pertanyaannya, kenapa ada keringanan dari pemerintah, kok disambut seperti itu di masyarakat? Ini yang sedang kita evaluasi,” imbuh Moeldoko.

Share this Article
Leave a comment