Ad imageAd image

Giliran NU Kota Tegal Dukung KH Rofiq Mahfudz Jadi Ketua PWNU Jateng

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 893 Views
4 Min Read
Wakil Sekretaris PWNU Jateng, KH Rofiq Mahfudz. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah (Jateng) KH. Rofiq Mahfudz banjir dukungan untuk maju sebagai Ketua PWNU Jateng menjelang masa Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jateng.

Setelah lima Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan ratusan Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di lima kabupaten, kini giliran PCNU dan empat MWCNU Kota Tegal menyatakan deklarasi dukungan serupa.

Ketua PCNU Kota Tegal KH. Abdal Hakim menyampaikan, bahwa ia bersama semua ketua MWCNU di Kota Tegal memberikan dukungan kepada KH. Rofiq Mahfudz karena sejumlah alasan.

“Kami sangat cocok dengan gagasan dan rencana Kiai Rofiq Mahfudz terkait dengan PWNU Jateng di masa yang akan datang, yaitu pengembangan organisasi supaya dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman,” katanya dalam keterangan yang diterima Indoraya.news, Selasa (5/9/2023).

Abdul Hakam menilai, KH Rofiq Mahfudz memiliki keunggulan mengembangkan lembaga pendidikan yang dimiliki NU, baik pondok pesantren, madrasah, maupun lainnya. Selain itu juga pengembangan organisasi maupun kader-kader NU.

“Sekarang dibutuhkan pemimpin NU yang betul-betul paham dengan kemajuan IT yang berguna untuk perkembangan organisasi agar NU menjadi organisasi yang tidak tertinggal,” ungkap pengasuh Pondok Pesantren NU Kota Tegal itu.

Menurutnya, PBNU saat ini memiliki gagasan serta rencana besar di dalam pengembangan NU secara umum. Karena itu dalam konteks wilayah Jawa Tengah, dibutuhkan pemimpin yang dapat memahami gagasannya.

Sehingga, Abdul Hakam berharap, nantinya Ketua PWNU Jateng dapat berkolaborasi serta berkoordinasi dalam menjalankan program-program yang dicanangkan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf.

“Pengurus Tanfidziyah harus bisa bergerak cepat, dan ada aksi secara nyata. Gus Yahya sudah sedemikian rupa menata organisasi yang gemuk ini ditata supaya bisa bergerak dengan lincah menggunakan manajemen yang rapi,” bebernya.

“Saya berharap Kiai Rofiq Mahfudz ini dapat menjadi tali penyambung gagasan-gagasan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf agar bisa sampai di Jawa Tengah,” imbuh Abdul Hakam.

Sementara itu, Ketua MWCNU Tegal Timur KH. Ali Murtadho mengatakan, pihaknya bersama semua ketua MWCNU se-Kota Tegal yang berjumlah empat MWC mendukung KH Rofiq Mahfudz maju sebagai Ketua PWNU Jateng 2023-2028.

Dia berharap, Pengasuh Ponpes Ar-Rois Cendekia Semarang apabila diberi amanat menjadi Ketua PWNU Jateng dapat mendistribusikan para kader NU ke berbagai sektor serta dapat berkolaborasi dengan instansi pemerintah maupun non pemerintah.

“Kita punya banyak potensi, kita bisa membuka kolaborasi dengan berbagai sektor supaya kita bisa ikut berkontribusi kepada masyarakat secara lebih luas, serta bisa mendistribusikan kader-kader NU secara baik,” harap Ali Murtadho.

Di lain pihak, Kiai Rofiq Mahfudz berharap berbagai harapan itu diwujudkan bersama. Menurutnya kendala yang dihadapi ialah ketidakkompakan pengurus di tingkat tertentu atau antar pengurus di berbagai tingkatan.

“NU sangat besar, karena itu mari kita bersama-sama mengabdi dengan satu barisan supaya NU lebih memberikan manfaat secara luas bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

“Banyak sekali kader-kader NU di Jawa Tengah memiliki potensi, juga profesi yang berbeda-beda. Maka dari itu tinggal bagaiaman kita mendistribusikannya secara baik,” tandas Kiai Rofiq Mahfudz.

Share this Article