Ad imageAd image

14 Orang Tewas Akibat Gempa 6.8 M di Ekuador

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 964 Views
2 Min Read
Gempa Ekuador

INDORAYA – Sedikitnya 14 orang dilaporkan tewas dalam sebuah gempa bumi berkekuatan 6.8 magnitudo di pesisir Ekuador dan Peru utara pada Sabtu (18/3/2023) waktu setempat. Akibatnya banyak rumah, sekolah, dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan parah.

Menurut dinas Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terjadi pada kedalaman 66,4 kilometer dengan pusat gempa berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Balao di Provinsi Guayas, barat daya ibu kota Quito.

Otoritas lokal menyatakan gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami, dan Institut Geofisika Ekuador menyebutkan dua gempa susulan tercatat terjadi beberapa jam setelah gempa awal.

“Kami tetap berada di area terdampak untuk memeriksa kerusakan yang disebabkan gempa bumi pagi ini. Saya pastikan bahwa saya akan tetap bersama anda dan saya turut menegaskan solidaritas dan komitmen kepada korban,” kata Presiden Guillermo Lasso pada akun resminya di Twitter.

Dinas komunikasi presiden negara tersebut menyatakan selain menewaskan 14 korban, gempa tersebut telah menyebabkan 380 warga terluka, sebagian besar terjadi di Provinsi El Oro.

Otoritas tersebut juga mencatat 44 rumah ambruk dan 90 lainnya rusak karena gempa, sementara 50 fasilitas pendidikan dan 30 fasilitas kesehatan turut terdampak. Beberapa jalan raya turut terputus karena longsor akibat gempa bumi.

Sementara itu, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut di Peru meskipun otoritas Peru menyatakan gempa turut mengguncang bagian utara negara itu.

Share this Article
Leave a comment