Ad imageAd image

Yusril Desak Kakak Cak Imin Soal Dana Desa di Sidang Pilpres

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 898 Views
2 Min Read
Yusril Ihza di Sidang Pilpres (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kuasa Hukum kubu 02 Prabowo-Gibran Yusril Ihza Mahendra mengkritisi pernyataan para ahli yang dihadirkan kubu 03 Ganjar-Mahfud hanya berfokus pada dugaan politisasi bantuan sosial (bansos) dengan menyoroti kaitan Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka.

Yusril lantas mempertanyakan kaitan penyaluran dana desa oleh Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dengan pencalonan kakaknya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Hal itu disampaikan Yusril dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden 2024 di gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

BACA JUGA:   Pengamat Sebut Yusril Layak Jadi Cawapres Prabowo

“Mengapa harus fokusnya pada petahana? Mungkinkah ada hal-hal lain juga yang sebenarnya luput pada kita sebagai contoh misalnya penyaluran dana desa,” kata Yusril.

Yusril mengatakan Mendes menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk per desa. Sementara, di Indonesia terdapat 83.971 desa. Belum lagi, kata Yusril dana untuk pendamping desa. Hal itu di bawah kontrol Mendes.

Dia pun bertanya pada ahli yang dihadirkan kubu 03, Hamdi Muluk apakah hal itu patut dicurigai juga atau tidak, sebagaimana dugaan politisasi bansos yang ditujukan pada Jokowi.

BACA JUGA:   Pengamat Sebut Yusril Layak Jadi Cawapres Prabowo

“Apakah saudara ahli juga bisa melihat kaitan misalnya Mendes itu adalah adik [red: kakak] dari Muhaimin Iskandar. Kalau dikontekskan Jokowi dengan Gibran, apakah tidak relevan mengaitkan Muhaimin Iskandar dengan adiknya yang Mendes yang menguasai penyaluran dana desa ini. Mengapa hal ini luput dari perhatian?” tanya Yusril.

Hamdi Muluk pun menyatakan harus ada studi khusus untuk mengetahui hubungan tersebut.

“Memang kalau kita mau studinya detail betul kita bisa mengkonsiderasi data yang lebih lokal. Saya tidak punya data itu. Saya punya data yang lebih universal menggambarkan fenomena ini [bansos],” jawab Hamdi.

BACA JUGA:   Pengamat Sebut Yusril Layak Jadi Cawapres Prabowo
Share this Article
Leave a comment