Ad imageAd image

Yuk Dukung Bulan Sedekah Jepara, Ini Manfaat dan Cara Ikutnya

Redaksi
By Redaksi 95 Views
2 Min Read
Ilustrasi Gerakan Bulan Sedekah. (Pixabay)

INDORAYA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama melalui gerakan bulan sedekah.

Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih menyampaikan, melalui gerakan tersebut, masyarakat dapat saling membantu untuk mengatasi kesulitan ekonomi, khususnya di masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan bulan sedekah pada Ramadan 1443 Hijriah ini merupakan kali ketiga.

“Penyalurannya, 50 persen akan diserahkan langsung ke desa, lalu yang 50 persen akan disalurkan Baznas. Sehingga, menjangkau seluruh masyarakat Jepara,” kata Sholih, saat meluncurkan gerakan tersebut, di Gedung Shima Jepara, Selasa 5 April 2022.

BACA JUGA:   Pengusaha Mebel di Jepara Harap KTT ASEAN Berdampak Pada Pemulihan Pasar Ekspor

Disampaikan, pada Ramadan kali ini, pihaknya menargetkan sedekah dapat terkumpul sebesar Rp1,5 miliar. Penghimpunan di desa, dilakukan melalui kupon dengan nilai per lembar antara Rp5 ribu sampai Rp20 ribu.

“Warga diharapkan berpartisipasi sukarela,” tuturnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi melalui Asisten I Sekda Dwi Riyanto, mengapresiasi gerakan bulan sedekah yang diinisiasi oleh Baznas. Menurutnya, gerakan tersebut merupakan aksi nyata untuk meningkatkan keimanan, mengajarkan nilai-nilai luhur, serta mengembalikan fitrah kemanusiaan sebagai makhluk sosial.

Dia berharap, agar unsur kecamatan menjadi koordinator bagi desa atau kelurahan. Selanjutnya, petinggi dan lurah menginstruksikan ketua RT di wilayahnya untuk menghimpun sedekah selama tiga pekan.

BACA JUGA:   Jembatan Jalur Mayong-Bungu Jepara Diperbaiki, Pengendara Dialihkan ke Jalur Desa

Setelah sedekah terkumpul, lanjut Dwi, akan disalurkan kepada fakir miskin, yatim piatu, dan sesama yang membutuhkan.

“Mari bergerak bersama menumbuhkan rasa empati dan simpati, membantu pemerintah mengatasi persoalan kemiskinan. Mari kita mengulurkan tangan kepada saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan kupon secara simbolis kepada Camat Donorojo Setyo Adhi, Camat Jepara Suherman, serta Camat Welahan Sundari. (RED)

TAGGED: , ,
Share this Article