Ad imageAd image

Warga Ngampel Minta Penanganan Sungai Blorong untuk Antisipasi Banjir

Sigit H
By Sigit H 74 Views
3 Min Read
Bupati Kendal didampingi Camat Ngampel saat menghadiri Musrenbang di Aula Kecamatan Ngampel.

INDORAYA – Permasalahan banjir menjadi usulan utama di wilayah Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan Camat Ngampel dalam Musrenbang Kecamatan Ngampel, Rabu (16/2/2022).

Acara Musrenbang yang digelar di Aula Kecamatan Ngampel dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Menurut Camat Ngampel, Mugiono, secara umum kondisi infrastruktur jalan di wilayah Kecamatan Ngampel, baik jalan kabupaten maupun jalan desa sudah baik.

“Untuk kondisi jalan sudah bagus, sebagian besar berupa cor beton. Namun permasalahan banjir akibat luapan Sungai Blorong belum bisa teratasi,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Mugiono, pada Musrenbang kali ini pihaknya mengusulkan fokus kepada program penanggulangan banjir.

Dijelaskan, usulan terkait antisipasi banjir yakni penanganan Sungai Blorong, mulai dari Desa Jatirejo, Rejosari, Ngampel Kulon, Ngampel Wetan dan Sudipayung.

Alhamdulillah tahun ini dapat bantuan kurang lebih 500 meter untuk DAS (Daerah Aliran Sungai) di Sudipayung bantuan dari PSDA Provinsi (Jawa Tengah), harapannya semoga saja bisa diteruskan,” ungkap Mugiono.

Usulan lainnya, adalah lampu penerangan jalan yang juga dinilai sangat penting, karena menyangkut keamanan pada malam hari.

“Semua jalan di wilayah Ngampel belum ada penerangan lampu jalan, maka ini yang diusulkan masyarakat,” ujar Mugiono.

Sementara itu, Kepala Desa Rejosari Kecamatan Ngampel, Komarudin mengatakan, desanya masih menjadi langganan banjir. Menurutnya, dalam satu musim bisa terjadi sampai tiga kali banjir.

Untuk itu, dirinya berharap, segera dilakukan perbaikan senderan di Sungai Blorong supaya air sungai tidak meluber.

“Ketika Sungai Blorong belum ada pembenahan, di desa kami tiap tahun pasti banjir, paling tidak tiga kali setahun, maka harapannya yang penting Sungai Blorong dibenahi,” ungkap Komarudin.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan terkait visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal, yaitu Kendal Handal, Makmur dan Berkeadilan.

“Yang mana fokus pada empat pilar pembangunan, di antaranya pilar pembangunan Industri, Pariwisata, UMKM dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” paparnya.

Dico juga mengingatkan, bahwa Musrenbangcam tahun 2022 ini sangat penting sekali, dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sehingga program-program usulan pemerintah yang menyasar kepada visi misi dan target bagi Pemerintah Kabupaten Kendal benar-benar bisa berjalan dengan baik.

“Melalui Musrenbangcam tahun 2022 ini, diharapkan penyusunan program tahun 2023 bisa sesuai dengan kebutuhan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Dico. (IR).

 

Share this Article