Ad imageAd image

Wali Kota Semarang Ungkap Semargres 2023 Masih Perlu Dievaluasi, Ini Sebabnya 

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1k Views
4 Min Read
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat Pengundian Hadiah Semarang Great Sale (Semargres) 2023 di The Park Mall Semarang, Kamis (30/11/2023). (Foto: Pemkot Semarang)

INDORAYA – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan gelaran pesta diskon Semarak Semarang Great Sale (Semargres) 2023 masih membutuhkan banyak evaluasi.

Sebabnya, Semargres dilaksanakan pada akhir tahun yang sebagian para pelaku usaha dan perhotelan sedang ramai-ramainya menggelar event pada akhir tahun.

Tentunya, hal ini membuat kurang maksimal dalam transaksi selama pelaksanaan Semargres.

“Sehingga itu kurang maksimal,” ungkap Ita, sapaan akrabnya seusai Pengundian Hadiah Semarang Great Sale (Semargres) 2023 di The Park Mall Semarang, Kamis (30/11/2023).

Meski begitu, Ita mengapresiasi penyelenggaraan tahun ini dikarenakan sudah berhasil membukukan transaksi Rp 254 miliar.

“Ini merupakan upaya men-support perekonomian di Kota Semarang,” ujarnya.

Beragam hadiah disiapkan mulai dari mobil Daihatsu Ayla sebagai hadiah utama, motor, handphone, dan aneka barang elektronik lainnya.

“Alhamdulillah, hari ini sudah kita lakukan pengundian. Meski di tengah persiapan yang mepet, namun gelaran ini bisa berjalan lancar dan membukukan transaksi Rp 254 miliar,” katanya.

BACA JUGA:   Pendaftaran Siswa Baru, MTs Ar-Rois Cendekia Semarang Gunakan CBT

Tak hanya itu, akhir tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga tengah gencar-gencarnya mengejar pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak. Sehingga diskon pajak yang diberikan kepada hotel dan restoran tidak maksimal.

“Tahun lalu, diskon pajak yang kami berikan di Semargres bisa mencapai 40 persen. Namun karena kali ini Semargres berlangsung pada akhir tahun, kami masih harus mengejar pendapatan, sehingga diskon hanya bisa diberikan sekitar 20-30 persen saja. Ini sangat mempengaruhi,” terangnya.

Meski demikian, Ita tetap mengapresiasi penyelenggaraan Semargres 2023. “Secara keseluruhan sudah cukup baik. Alhamdulillah transaksi juga cukup besar mencapai Rp 254 miliar,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kota Semarang tersebut berharap, penyelenggaraan Semarang Great Sale 2024 bisa lebih baik dengan persiapan yang lebih matang.

BACA JUGA:   Dukung Fitur Kentongan Digital, Pemkot Semarang Catat 133 Ribu Warga Sudah Download

“Tahun depan harapannya bisa dipersiapkan dengan lebih baik dan jauh-jauh hari. Akan kami lakukan konsolidasi antara Pemerintah Kota Semarang, Kadin, dan asosiasi-asosiasi,” paparnya.

Ia berpesan agar penyelenggaraan Semargres 2024 mendatang dilakukan saat low session, yang biasanya terjadi antara Mei hingga Juni.

“Harus mencari waktu yang tepat, tidak mendekati high session seperti saat ini. Jika dilakukan pada awal tahun atau pertengahan, maka diskon pajak yang diberikan pemerintah akan lebih besar. Kemarin karena mepet juga publikasi agak kurang. Padahal event ini salah satu upaya men-support perekonomian di Kota Semarang,” ujar Ita.

Sementara itu, Ketua Panitia Semarang Great Sale 2023, Ade Pramudito mengatakan, tahun ini capaian transaksi angkanya turun dari 2022. Ada selisih sekitar Rp 100 miliar.

BACA JUGA:   Awal Tahun 2023, Polrestabes Semarang Berhasil Ungkap Dua Kasus Narkoba

“Hal ini karena Semargres terlaksana pada akhir tahun, sehingga temen-temen asosiasi maupun perhotelan sudah punya program sendiri sehingga tidak bisa all out,” sebut Ade.

“Kedua, karena saat ini kita ada di periode di mana Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang sedang mengejar target pendapatan, sehingga diskon pajak yang diberikan tidak sebesar tahun lalu. Banyak hotel restoran yang tidak bisa memberikan diskon besar juga ke pelanggan,” imbuhnya.

Untuk sektor usaha yang meraup transaksi paling banyak yakni masih didominasi hotel dan restoran.

“Tahun lalu justru yang paling besar dari pasar tradisional. Namun tahun ini tidak sebesar sebelumnya. Secara makro memang perekonomian sedang lesu, terutama berdampak pada pengusaha,” jelasnya.

Share this Article
Leave a comment