Ad imageAd image

Usai Menjalani Misi Panjang, Tiga Astronot China Mendarat ke Bumi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1 View
2 Min Read
ilustrasi astronot (dok. istimewa)

INDORAYA – Setelah enam bulan mengudara di luar angkasa atau 183 hari, tiga astronot China akhirnya berhasil mendarat di Bumi, Sabtu (16/4/2022). Kembalinya mereka bertiga setelah mendapatkan tugas misi luar angkasa dari pemerintah Beijing.

“Kaspul re-entry Shenzhou 13 berhasil mendarat,” kata penyiar media China, CCTV, seperti dikutip dari AFP.

Ketiga astronot itu terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan. Mereka adalah Zhai Zhigang, Ye Guangfu dan Wang Yaping. Selama enam bulan mereka menaiki modul inti Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiangong China.

Mereka mendarat di sebuah kapsul kecil sesaat sebelum pukul 10.00 pagi waktu Beijing, dan kemudian langsung dibawa ke fasilitas medis untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Zhai Cs meluncur ke angkasa pada Oktober lalu dari Gurun Gobi. Mereka merupakan kelompok kedua yang dikirim untuk merakit pesawat stasiun ruang angkasa permanen pertama Tiangong.

Stasiun tersebut, diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun.

Komandan misi, Zhai, merupakan mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama China pada 2008, sementara Ye adalah pilot Tentara Pembebasan Rakyat.

Ketiganya telah menyelesaikan dua perjalanan luar angkasa, melakukan berbagai eksperimen ilmiah, menyiapkan peralatan, dan menguji teknologi untuk konstruksi masa depan selama mereka berada di orbit.

Pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 merupakan misi terbaru Beijing yang diproyeksikan untuk jadi kekuatan luar angkasa utama menyaingi AS.

Para astronot menghabiskan beberapa pekan terakhir untuk merapikan dan mempersiapkan fasilitas kabin dan peralatan untuk awak Shenzhou-14 selanjutnya.

Para astronot selanjutnya diperkirakan akan meluncur ke angkasa dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya rekor misi terpanjang berada di luar angkasa China dikantongi misi Shenzhou-12 tahun lalu. Misi itu berlangsung selama 92 hari.(FZ)

Share this Article