Ad imageAd image

Upaya Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Ingatkan Pentingnya Belanja Produk dalam Negeri

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1k Views
2 Min Read
Jokowi dalam acara Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (15/3/2023). (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut soal pentingnya belanja produk dalam negeri guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dalam penggunaan anggaran APBN, kata Jokowi, jangan sampai dibelikan produk impor. Pasalnya, pajak negara juga sulit untuk dikumpulkan.

“Saya sudah mengingatkan kita semuanya berkali-kali, APBN itu uangnya, penerimaan APBN, pendapatan APBN itu didapatkan dari pajak, dari rakyat, deviden yang kita miliki di BUMN, royalti dari tambang-tambang yang ada, penerimaan bukan pajak yang juga kita dapatkan dikumpulkan dengan sangat sulit, tidak mudah, sehingga terkumpul pendapatan negara ini,” katanya.

BACA JUGA:   Jokowi Bicara Soal Demokrasi yang Disinggung Anies: Ada yang Maki Presiden, Biasa Saja 

“Kemudian kita belikan produk impor, kemudian kita belikan produk buatan luar negeri, bener.. bener.. bener.. Ini lah yang selalu saya ingatkan,” lanjut Jokowi dalam acara Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (15/3/2023).

Selanjutnya, Jokowi mengaku terkejut ketika mengetahui sumber pembelian produk impor berasal dari pendapatan APBN. Ia meminta pemerintah mengutamakan belanja produk dalam negeri.

“Saya awal-awal itu saya kaget, saya buka, banyak sekali pembelian produk-produk impor di kita, padahal sumbernya pembelian itu uang APBN. Ini lah yang ingin kita luruskan,” katanya.

BACA JUGA:   Prabowo Puji Strategi Pembangunan Jokowi: Saya Akan Teruskan

Terkait kebijakan pembelian serta pemakaian produk dalam negeri, Jokowi menjelaskan, tidak hanya berlaku di Indonesia saja. Katanya, kebijakan itu juga telah diberlakukan pada Amerika Serikat pada tahun 2023 ini.

“Dan kita tahu kebijakan pembelian produk dalam negeri
ini tidak hanya di negara kita, kita sudah memulai tahun 2022, tahun 2023 coba dilihat Amerika juga melakukan hal yang sama. Coba dicari dan dibaca, Amerika mengungumkan prioritas pembelian produk dalam negeri pada belanja belanja pemerintah, kita sudah 2022,” ucapnya.

BACA JUGA:   Soal Proposal Damai Rusia-Ukraina, Jokowi Bela Prabowo Subianto

Kedepannya, Jokowi meminta pemerintah agar konsisten dalam menggunakan dan belanja produk dalam negeri.

“Tapi ke depan saya kira kuncinya adalah kedisiplinan implementasi, kedisiplinan dalam merealisasikan, jadi apa yang sudah bolak balik kita melakukan pertemuan, ini seingat saya sudah bicara tentang produk dalam negeri, penggunaan produk dalam negeri yang keempat. Saya hadir terus, kenapa saya hadir karena saya melihat ini sangat strategis dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita,” tegasnya.

Share this Article
Leave a comment