Ad imageAd image

UNNES Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Cek Jadwal dan Kuotanya

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1 View
2 Min Read
Mahasiswa UNNES yang sedang sibuk mengerjakan tugas di fasilitas kampus negeri ternama yang terletak di Kecamatan Gunungpati itu. (Foto: Humas UNNES)

INDORAYA – Universitas Negeri Semarang (UNNES), membuka program studi (Prodi) baru yakni  Ilmu Komunikasi.

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Dalam surat bernomor 744/BAN-PT/LL/2024 tersebut BANPT menyatakan bahwa prodi ini memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FISIP UNNES Dr. Scient.Med. Fadly Husain menjelaskan bahwa Ilmu Komunikasi UNNES memiliki kekhasan dibandingkan prodi sejenis.

Keunikan tersebut tampak pada klaster kajian yang dimiliki, yaitu komunikasi pembangunan (komunikasi pendidikan dan lingkungan/konservasi), komunikasi massa (jurnalistik, penyiaran, dan content creating), dan public relations (entrepreneurship, customer relations, employee relations, dan industrial relations).

“Lulusan Ilmu Komunikasi FISIP UNNES memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang, terutama dalam tiga klaster kajian utama: komunikasi pembangunan, komunikasi massa, dan public relations,” kata Fadly.

Dalam komunikasi pembangunan, lanjut Fadly, lulusan dapat bekerja sebagai fasilitator komunikasi di lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah (NGO), atau perusahaan yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan komunitas.

Pada klaster komunikasi massa, mereka memiliki peluang sebagai jurnalis, penyiar, produser media, atau analis media di berbagai perusahaan media, dan content creator baik cetak, elektronik, maupun digital.

“Kalau dalam bidang public relations, lulusan dapat berkarir sebagai konsultan PR, manajer komunikasi, atau spesialis hubungan masyarakat di perusahaan swasta, lembaga pemerintah, maupun agensi PR yang berperan penting dalam mengelola citra dan komunikasi strategis suatu organisasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Humas UNNES Rahmat Petuguran bahwa kuota Prodi Ilmu Komunikasi adalah 100 calon mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut, calon mahasiswa akan diseleksi melalui dia jalur yaitu Seleksi Mandiri UTBK (pendaftaran 17 Juni sampai 12 Juli 2024) dan Seleksi Mandiri Reguler Gelombang 2 (pendaftaran 1 sampai 19 Juli 2024).

Rahmat menjelaskan bahwa UNNES juga masih membuka pendaftaran untuk prodi-prodi lain. Sebanyak 5.388 calon mahasiswa baru akan diterima melalui Seleksi Mandiri. Jumlah tersebut meliputi 75 program studi D3/S1 di sembilan fakultas.

Sebelumnya, UNNES telah menerima mahasiswa melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Share This Article