Ad imageAd image

Ultah ke-20, Kolektif Hysteria Lukis Mural Kreatif di Flayover Jatingaleh Semarang

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1 View
2 Min Read
Lukisan mural seniman Kolektif Hysteria di bawah jembatan layang atau Flyover Jatingaleh, Kota Semarang. (Foto: Dok. Hysteria)

INDORAYA – Memasuki Hari Ulang Tahun ke-20, kelompok seniman Semarang, Kolektif Hysteria, melukis mural kreatif di bawah jembatan layang atau Flyover Jatingaleh.

Mural itu berukuran sekitar 16 x 4 meter dengan sejumlah ikon. Di antaranya bandeng, Mahesa Jenar, Oey Tiong Ham, Loenpia, dan Penari Gambang Semarang.

Direktur Kolektif Hysteria, A Khairudin mengatakan, project ini merupakan rangkaian panjang yang disiapkan sejak tahun 2022. Dimulai dari keliling 100 titik di Jawa, Bali, dan Lampung, 40 project seni di 40 kota, pameran keliling di 17 kabupaten di Jawa Tengah, dan sekarang pelaksaan purwarupa pekakota.

“Kami ingin kasih tunjuk pada publik apa saja yang pernah kami lakukan untuk memberi inspirasi pasa kota,” ujar pria yang akrab disapa Adin tersebut.

Sebagai informasi Kolektif Hysteria telah memulai aktivitasnya sejak 11 September 2004 dan telah menorehkan prestasi nasional dan internasiol.

Pada tahun 2017, Hysteria berhasil memboyong Trubus Kusala Award di Jakarta kategori pendidikan alternatif perkotaan dan tahun 2020 mereka memenangkan Youfab Global Award di Shibuya, Tokyo, Jepang.

Namun menurut Adin, itu semua belum membuat Hysteria di Semarang dikenal publik umum. Maka dalam momentum dua dekade Hysteria secara masif menghelat berbagai acara, salah satunya kelas Pekakota Institute yang bulan depan mulai membuat proyek purwarupa.

Kepala Sekolah Nella Siregar menambahkan akan ada 10 festival publik yang akan diadakan sepanjang bulan Juni hingga Juli mendatang. Yakni 9 di Semarang dan 1 di Kabupaten Rembang.

“Tujuh di antaranya merupakan festival kampung dan sisanya acara dengan komunitas,” ujarnya.

Dia menambahkan, acara ini mempunyai keragaman tema dan cakupan wilayah. Selain melibatkan warga, Kolektif Hysteria juga mengajak puluhan seniman terlibat dalam kick off perayaan ulang tahun Hysteria.

“Harapannya semakin banyak orang peduli pada isu kota dan kebudayaan itu sendiri,” pungkas Nella.

Share This Article