Ad imageAd image

Tol Jogja-Solo Dibuka Gratis, Dilalui 5.878 Kendaraan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 744 Views
3 Min Read
Ilustrasi Tol Jogja-Solo. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), mencatat bahwa sebanyak 5.878 kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Ruas Colomadu-Ngawen (Klaten) sepanjang 22 kilometer (KM).

Jumlah ini terjadi pada H-5 Hari Raya Idulfitri 1445H/Tahun 2024 atau Jumat, 5 April 2024. Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, mengungkapkan bahwa lalu lintas tertinggi terjadi antara pukul 16.00 sampai 17.00 WIB.

“Dari data lalu lintas keluar akses fungsional, kami mencatat bahwa Exit Ngawen (Klaten) menjadi exit favorit pengguna jalan, dengan 3.135 kendaraan keluar dari akses tersebut, dan puncak lalu lintas terjadi pada pukul 16.00-17.00 WIB dengan 578 kendaraan. Sementara itu, Exit Ceper Karanganom mencatat 926 kendaraan keluar dengan puncak lalu lintas pada jam yang sama sebanyak 142 kendaraan,” jelas Rudy dalam keterangannya pada Sabtu (6/4/2024).

Rudy juga menyatakan optimisme bahwa jumlah kendaraan yang melintasi jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Colomadu hingga Ngawen (Klaten) akan terus meningkat.

Jalur tol ini tidak hanya dioperasikan pada periode arus mudik tanggal 5-11 April 2024 dari Colomadu ke Ngawen (Klaten) antara pukul 06.00-17.00 WIB, tetapi juga akan mendukung arus balik dari 12 hingga 15 April 2024 dari Ngawen ke Colomadu pada jam yang sama.

Hanya kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil yang diizinkan melintasi jalur fungsional ini, dengan kecepatan maksimum 40 KM/jam.

Akses masuk ke jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional dapat dilakukan melalui GT Banyudono dan GT Colomadu. Pada periode arus mudik, pemudik dari Jalan Tol Trans Jawa dapat melanjutkan perjalanan melalui GT Colomadu menuju akses keluar GT Karanganom, GT Banyudono, atau Exit Ngawen (Klaten).

Sedangkan pemudik dari jalan arteri (non tol) yang masuk dari Solo dan Boyolali dapat menggunakan akses GT Banyudono. Saat periode arus balik, pengendara dapat masuk ke jalur fungsional dari Exit Ngawen (Klaten) dan GT Karanganom menuju GT Banyudono atau GT Colomadu.

Di luar periode dan jam pemberlakuan jalur fungsional, lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu akan kembali normal menggunakan akses yang sudah ada.

PT Jasamarga Jogja Solo telah menyiapkan petugas untuk mengawal operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dengan menyediakan Posko Lebaran 2024 di GT Banyudono, Pos Pantau di KM 13+000 dan KM 19+000, serta Posko Kepolisian dan Dishub di Akses Colomadu, Akses Banyudono, Akses Karanganom, dan Akses Ngawen (Klaten).

Share this Article
Leave a comment