Ad imageAd image

Tips Sehat Puasa Agar Kolesterol Terjaga

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 133 Views
1 Min Read
ilustrasi orang suka konsumsi makanan mengandung kolesterol (dok. istimewa)

INDORAYA – Saat melakukan buka puasa atau sahur, rata-rata manusia akan mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, daging, hingga makanan bersantan. Padahal, makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar kolekterol dalam tubuh.

Dokter spesialis penyakit dalam, Primaya Hospital Bhakti Wara Jakarta, dr Mauludi Rachmantya Tranggana mengatakan, cara menjaga kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Secara spesifik, Mauludi menyampaikan bahwa cara menjaga kadar kolesterol selama puasa adalah konsumsi lebih banyak makanan berserat dan minum suplemen yang mengandung minyak ikan dengan omega-3, DHA, serta EPA.

BACA JUGA:   Komisi E DPRD Jawa Tengah Berikan Tanggapan Terkait Kenaikan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

“Untuk kegiatan yang direkomendasikan adalah sesuai kemampuan tubuh. Lebih diutamakan olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa. Itu dikarenakan risiko dehidrasi akibat olahraga lebih rendah karena mendekati waktu berbuka puasa,” terang dr Mauludi.

Adapun makanan yang bisa dikonsumsi guna menjaga kadar kolesterol selama berpuasa adalah makanan dengan banyak serat seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, maupun ikan.

“Selain itu, banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat puasa,” tambahnya.

Sementara, makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka adalah yang mengandung banyak gula murni tanpa serat, serta makanan yang tinggi lemak jenuh.

BACA JUGA:   Tongkat Komando Kodam IV/Diponegoro Berpindah ke Mayjen TNI Widi Prasetijono

“Hindari pula minuman manis seperti minuman berkarbonasi, dan berkafein misalnya kopi,” pungkasnya.(FZ)

Share this Article