Ad imageAd image

Tips Mudik Lancar Tanpa Terkendala Macet di Jalan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 132 Views
2 Min Read
Ilustrasi kendaraan macet (dok. istimewa)
INDORAYA – Diperbolehkannya mudik oleh pemerintah membuat masyarakat berbondong-bondong pulang kampung. Hal itu wajar, pasalnya sudah dua tahun masyarakat dilarang untuk mudik karena penularan covid-19 yang belum usai.
Namun akibatnya, ada beberapa ruas jalan dan titik-titik pertemuan arus lalu lintas menjadi padat. Tak terkecuali tempat menaikkan dan menurunkan penumpang yang menggunakan transportasi umum.
Untuk menghindari kemacetan tersebut, Aan Gandhi selaku Founder dan Trainer Keselamatan Global Defensive Driving Centre (GDDC) telah mengingatkan kepada masyarakat untuk membuat mapping perjalanan sebelum mudik.
Cara tersebut dilakukan untuk mengetahui rute perjalanan yang akan dilalui saat pergi dan pulang mudik.

“Kepada pemudik diingatkan untuk melakukan pemetaan atau mapping perjalanan hingga sampai ke kota tujuan. Misalnya, kalau pemudik berangkat dari Jakarta menuju kota A mau istirahat di rest area mana, terus isi bensin di SPBU mana, lalu mau solat di masjid mana, itu penting dilakukan,” kata Aan Gandhi.

Selain itu, Aan menghimbau kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk melihat situasi arus lalu lintas menggunakan aplikasi peta online gratis, seperti Google Maps atau Waze. Sehingga, pemudik bisa memilih rute tercepat dan mengetahui kondisi lalu lintas terkini.

“Sebelum mudik pastikan buat perencanaan rute perjalanan, mau lewat jalur utara atau selatan, atau memilih lewat jalan tol. Pastikan juga melihat situasi lalu lintas dari Google Maps, jadi kita bisa menghindari sejumlah titik yang macet, lalu juga bisa memberikan informasi titik kepadatan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Korban Selamat Tragedi Kanjuruhan Minta Kasusnya Ditangani Oleh Mabes Polri

Lebih lanjut, Aan Gandhi juga mengingatkan kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menyiapkan makanan serta cemilan yang cukup di dalam mobil. Hal ini untuk mengantisipasi jika saat perjalanan terjadi kemacetan panjang, lalu di sekitarnya tidak ada minimarket atau restoran untuk didatangi.

“Jangan lupa bagi para pemudik untuk membawa makanan dan snack secukupnya, hal ini sebagai langkah antisipasi bila terjadi kemacetan panjang lalu di sekitar sulit mencari tempat makan,” papar Aan.(FZ)

TAGGED: , ,
Share this Article