Ad imageAd image

Tinjau Pasar Karangayu Semarang Jelang Iduladha 2024, Zulhas: Harga Bawang Masih Tinggi

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1k Views
3 Min Read
Zulhas saat mengecek harga kebutuhan bahan pokok menjelang Iduladha 2024 di Pasar Karangayu Kota Semarang, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraa)

INDORAYA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan Zulhas meninjau langsung pasar tradisional di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Salah satuna Pasar Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (8/6/2024).

Zulhas didampingi beberapa tokoh seperti Eko Patrio, Uya Kuya, Pasha Ungu hingga Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga mendatangi pasar tradisional tersebut.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan rombongan langsung meninjau beberapa lapak pedagang kebutuhan pokok di pasar ini.

Ada pedagang beras, bawang, telur ayam, minyak, hingga cabai. Zulhas juga menanyakan harga kebutuhan pokok ke pedagang.

BACA JUGA:   Wali Kota Semarang Fokuskan Penanganan Korban Banjir

Usai meninjau, dia membeberkan harga bawang di Kota Semarang masih tinggi menjelang Iduladha 2024.

“Di Semarang biasanya bawang lebih murah, tapi setelah kami cek ternyata lebih mahal di angka Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram,” ungkap Zulhas.

Dari hal tersebut Zulhas juga bertanya ke pedagang, dari mana bawang tersebut dibeli.

Kemudian dia pula membandingkan harga bawang di beberapa daerah yang sempat ia kunjungi beberapa waktu lalu.

Zulhas mencontohkan harga bawang di pasar tradisional di Cilegon Banten. Di lokasi, dia bilang harga bawang dibanderol Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram.

BACA JUGA:   Terkesan Kumuh, Wali Kota Semarang Ingin Ubah Taman Tegalsari Dan Wonderia Jadi Taman Pasif

Jika dibandingkan, Zulhas mengklaim harga bawang di Kota Semarang masih di bawah harga rata-rata yang ditetapkan pemerintah.

“Karena harga bawang seharusnya Rp 60 ribu perkilogram agar petani untung, jadi jika di angka Rp 40 ribu petani masih rugi,” bebernya.

Tak hanya bawang saja, dia pun menyampaikan harga telur dan daging ayam di Pasar Karangayu. Yakni, komoditas ini masih terbilang murah dibandingkan dengan pasar di beberapa wilayah yang ia kunjungi.

“Harga telur di Semarang itu Rp 28 ribu per kilogram sedangkan daging ayam Rp 35 ribu per kilogram. Mungkin di sekitar Kota Semarang banyak sentral peternak ayam jadi harga daging dan telur paling murah. Jelang Idhul Adha harga bahan pokok di Kota Semarang saya rasa masih stabil,” paparnya.

BACA JUGA:   Pemkot Siapkan Tempat Relokasi Para Pedagang Barito, Ini Lokasinya

Zulhas tak hanya mengecek sejumlah bahan pokok di Pasar Karangayu saja, melainkan di juga membagikan ratusan beras 5 kilogram ke masyarakat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan warga rela antre berjam-jam. Tak ada satu jam, sebanyak 200 beras kemasan 5 kilogram habis diserbu warga.

“Ada 200 kantung yang kami bagikan, setiap kali kunjungan ke pasar memang selalu mami bagikan beras untuk masyarakat,” imbuhnya.

Share this Article