Ad imageAd image

Tingkatkan Minat Baca Disabilitas Netra, BI Jateng Buka Pojok Braille

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 3 Views
2 Min Read
BI Jateng resmi launching perpustakaan khusus disabilitas netra, Rabu (13/9/2023). (Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah (BI Jateng) menyediakan layanan bacaan untuk penyandang disabilitas. Salah satunya, BI Jateng membuka perpustakaan yang diberi nama Pojok Braille.

Koleksi buku di Pojok Braille yang disediakan itu pun dengan bacaan dalam huruf Braille.

Alasannya BI Jateng membuka perpustakaan, tentunya dalam rangka upaya meningkatkan minat baca bagi masyarakat berkebutuhan khsusus disabilitas netra.

“Perpustakaan ini tidak hanya jadi tempat mati gitu ya, dikunjungi tapi juga bagaimana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas, juga mengembangkan masyarakat, termasuk di dalamnya ada masyarakat yang memang seperti masyarakat tuna netra,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Rahmat Dwisaputra, Rabu (13/9/2023).

Adapun koleksi buku Braille saat ini yaitu sebanyak 25 buku. Rencananya, pihaknya akan terus mengembangkan.

Dengan cara, sejumlah buku yang belum di Braille-kan agar diusulkan dan ditindaklanjuti bersama dengan pemerintah Provinsi dan Kota di Jateng.

“Memang harus ada program untuk membraile kan buku-buku yang memang belum ada untuk masyarakat tuna netra, supaya ilmunya bisa diserap oleh seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Tidak hanya membuka perpustakaan khusus penyandang disabilitas saja, Rahmat mengungkapkan kedepan pihaknya akan memberikan bantuan buku melalui BI Corner
yang dibangun di berbagai sekolah yang sudah ditunjuk. BI memberikan buku lengkap berbagai koleksi dan raknya.

“Golnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, karena nanti dari masyarakat itu akan ada calon jadi pegawai BI juga, jadi sedini mungkin kita ajak mereka untuk gemar membaca dan meningkatkan pengetahuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pertuni Jateng Indra Kurniawan menyambut baik fasilitas Pojok Brailler di Perpustkaan BI Jateng ini. Buku yang disedikan akan sangat membantu meningkatkan pengetahuan teman-teman tuna netra.

“Sekarang dengan adanya Pojok Braile yang dibuat BI Jateng ini sangat membantu teman-teman netra untuk menambah literasi,” pungkasnya.

Share this Article