Ad imageAd image

Tiga Pimpinan Daerah Sepakat, Tanggul Laut Akan Mengatasi Rob Sekaligus Menggerakan Ekonomi

Sigit H
By Sigit H 112 Views
2 Min Read
Tiga pimpinan daerah berbincang bahas penanggulangan rob, Senin (24/1/2022)

INDORAYA – Dampak positif dari pembangunan infrastruktur berupa Tanggul Laut Kendal – Semarang – Demak, dibahas oleh tiga Pimpinan Daerah dalam Bincang Siang di Radio Suara Kota Wali, Senin (24/1/2022).

Ketiga pimpinan daerah yang hadir, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Bupati Demak, Eisti’anah.

Perbincangan yang disiarkan secara streaming melalui kanal YouTube Suara Kota Wali tersebut, membahas tentang tanggul laut dan efek domino yang akan diberikan setelah pembangunan selesai. Dipandu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setyono dan Dewan Pers, Jayanto Arus Adi.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko: Masyarakat Purworejo Penting Untuk Berwawasan Teknologi

Ketiga pimpinan daerah sepakat bahwa dengan adanya pembangunan tanggul laut dapat membantu permasalahan rob yang kerap terjadi dan mampu menggerakan roda ekonomi di daerah masing-masing.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, adanya tanggul laut ini nantinya diperkirakan dapat mengurangi terjadinya rob yang kerap terjadi di kawasan Semarang.

Wali Kota yang akrab disapa Hendi tersebut juga berencana, untuk melakukan pengembangan wisata gabungan dengan memanfaatkan adanya tanggul laut yang menghubungkan tiga daerah.

“Tentu permasalahan rob ini yang menjadi topik utama, namun jika ke depan tanggul laut telah jadi, maka tidak hanya rob, tetapi akses lalu lintas dari Semarang menuju Demak dapat lebih lancar,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pulihkan Ekonomi, Dorong Kreativitas Pelaku Usaha Era Digital

Sementara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengungkapkan, beberapa daerah di Kendal terutama wilayah Kaliwungu hingga Bandengan atau yang berada di Garis Pantai menjadi langganan banjir rob.

“Permasalahan rob memang sering dialami terutama yang memiliki garis pantai, harapan besar tentunya dengan program pemerintah tanggul laut ini mampu mengurangi titik rob yang ada di Kendal,” jelasnya.

Dico menyebut, beberapa keunggulan dengan adanya tanggul laut, di antaranya kawasan industri yang berada di Kendal akan semakin pesat, mengingat akomodasi perjalan menjadi semakin cepat.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Jateng Heri Pudyatmoko Minta Pemerintah Serius Tangani 3 Hal ini

“Ya harapan kami, adanya tanggul laut ini nantinya bisa menopang kemajuan kawasan industri yang ada di Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Senada dikatakan Bupati Demak, Eisti’anah, menurutnya tanggul laut akan memberikan dampak pergerakan ekonomi pesat yang dapat diwujudkan dengan kolaborasi antar daerah.

“Hal ini juga akan berdampak pada pergerakan ekonomi, apalagi ditambah kolaborasi antar daerah mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujar Eisti’anah. (IR).

Share this Article