Ad imageAd image

Terdampak Banjir, Pengungsi Warga Demak di Kudus Capai 3.393 Jiwa

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 805 Views
2 Min Read
Korban banjir di Demak. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Jumlah Warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang terdampak banjir mengungsi ke Kabupaten Kudus, saat ini mencapai 3.393 jiwa. Camat Jati, Kabupaten Kudus Fiza Akbar mengatakan data tersebut bertambah sejak Minggu (11/2) pukul 20.00 WIB hingga hari ini.

Pada Minggu, jumlah ppengungsi tercatat hanya 3.058 jiwa, kemudian keesokan harinya bertambah menjadi 3.305 jiwa. Sedangkan hari ini, pada Selasa, (13/2) bertambah lagi menjadi 3.393 jiwa.

“Data pengungsi tersebut merupakan hasil pemutakhiran per hari ini (Selasa, 13/2) pukul 09.00 WIB, termasuk yang mengungsi di rumah-rumah penduduk yang tersebar di sejumlah tempat di Kudus,” kata dia, di Kudus, Jateng, Selasa (12/2/2024).

BACA JUGA:   Intens Safari Politik ke Luar Jateng, Akademisi Undip Minta Ganjar Fokus Tuntaskan Pembangunan Daerah

“Dengan adanya pendataan tersebut, maka kebutuhan makan sehari-hari para pengungsi juga akan dipenuhi oleh dapur umum yang tersedia,” ujarnya.

Tempat pengungsian yang disediakan di Kecamatan Jati Kudus awalnya berada di lima titik. Di antaranya di atas Jembatan Tanggulangin, Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, DPRD Kudus, dan Kantor Koramil Jati.

Namun saat ini, Jembatan Tanggulangin sudah tidak ada lagi pengungsi. Sedangkan yang masih terdapat pengungsi, ialah Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, Koramil Jati, RSUD Kudus, DPRD Kudus, Ponpes Assalwa, serta beberapa titik di rumah-rumah warga.

BACA JUGA:   Jateng Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga 24 Februari, Ini Sebaran Lokasinya

Para pengungsi juga disediakan dapur umum yang tersedia di Terminal Induk Jati Kudus dan Jembatan Tanggulangin untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum. Pengoperasian dapur umum ini, melibatkan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari berbagai kabupaten/kota di Jateng, selain dari Kabupaten Kudus.

Selain itu, Pemkab Kudus bersama jajaran terjun langsung membantu korban banjir yang mengungsi di Kabupaten Kudus, termasuk dalam menyediakan makan sehari-hari hingga kebutuhan lain yang mereka butuhkan.

Share this Article
Leave a comment