Ad imageAd image

Temukan 1.972 Surat Suara Dicoblos di Malaysia, KPU Dalami Dugaan Kecurangan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 8.6k Views
2 Min Read
Ilustrasi surat suara. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih mendalami informasi terkait surat suara tercoblos di Malaysia. KPU mengungkap terdapat 1.972 surat suara yang dicoblos orang tak berwenang.

“Saat ini informasi yang kami peroleh dari PPLN Kuala Lumpur, pengawas Pemilu luar negeri Kuala Lumpur sedang mendalami informasi tersebut,” kata anggota KPU Idham Kholik, saat dihubungi, Jumat (9/2/2024).

“Informasinya ada 1.972 surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang,” kata Idham.

KPU mengatakan saat ini pihaknya sedang menunggu informasi lebih lanjut dari Panwaslu LN Kuala Lumpur terkait informasi tersebut.

BACA JUGA:   KPU Pastikan Pemilu 2024 Masih Pakai Metode Coblos

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut hasil pendalaman atau penelaahan Panwaslu LN Kuala Lumpur,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menelusuri dugaan kecurangan surat suara di Tempat Pemungutan Surat Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia yang sudah tercoblos. Bawaslu saat ini masih mengecek kebenaran terkait kondisi tersebut.

“Iya sedang dalam penelusuran Panwaslu Kuala Lumpur. Sedang berproses,” kata Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty kepada wartawan, Rabu (7/2).

Lolly mengakui pihaknya memang kesulitan mengawasi distribusi surat suara metode pos. Lolly menyebut ketiadaan anggaran pun menjadi kendala tersebut.

BACA JUGA:   Anies dan Cak Imin Daftar Pilpres ke KPU Hari Ini

“Iya karena kalau pos kan, hubungannya dengan kebijakan negara termaksud. Yang Bawaslu awasi pada proses persiapan pengiriman (memastikan data pemilih pos tepat jumlah, tepat nama dan tepat tujuan sesuai alamat) dan proses kedatangan atau surat suara yang kembali,” ujarnya.

Share this Article
Leave a comment