Ad imageAd image

Tahun Lalu Hanya 13 Pendaftar PPDB, SDN Gabahan Semarang Masih Sepi Peminat

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 2 Views
2 Min Read
Petugas sedang berjaga di Posko Layanan PPDB SDN Gabahan, Kota Semarang, Rabu (19/6/2024). (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN tahun 2024/2025 di Kota Semarang telah dibuka sejak Selasa (18/6/2024) lalu. Namun SDN Gabahan baru menerima lima calon siswa baru hingga Rabu (19/6/2024) siang.

Berdasarkan pantauan, sekolah yang terletak di Jalan Sebandaran, Kecamatan Semarang Tengah itu tampak sepi. Tidak ada keramaian seperti halnya PPDB pada umumnya. Namun sejumlah guru tetap bersiaga untuk melayani para pendaftar.

“Ini baru lima (pendaftar) secara online,” ujar Kepala SDN Gabahan Kota Semarang, Siti Marfuah saat ditemui di ruangannya, Rabu (19/6/2024).

Siti mengaku bahwa pada PPDB tahun 2024 ini ada peningkatan jumlah siswa dibanding tahun lalu yang mana sekolah tersebut hanya mendapat empat pendaftar secara online.

Meski begitu, ketika pendaftaran ditutup, sekolah ketambahan sembilan pendaftar yang mendaftar langsung secara manual. Sehingga pada tahun 2023 lalu, total pendaftar di SDN Gabahan hanya 13 orang.

“Tahun kemarin itu online empat anak terus ditambah total 13 berarti offline sembilan,” ungkap Siti.

Berbagai strategi sudah ditempuh untuk meningkatkan jumlah pendaftar tahun ini. Misalnya mengekspos kegiatan melalui media sosial hingga bekerja sama dengan TK di dekat sekolah.

Menurut Siti, kerja sama itu membuahkan hasil. Rencananya, ada sekitar 11 orang yang akan mendaftarkan anaknya ke SDN Gabahan secara manual bila pendaftaran online telah ditutup.

“Kuota kita kan 28, tapi kalau SD kita itu kan segitu-gitu, kalau anaknya ke sini semua kan 16 sudah bagus. Masalahnya kita SD kecil, tempatnya juga kurang strategis,” ucap dia.

Meski sekolahnya berada di tengah kota, dia menyebut kebanyakan warga di sana merupakan perantau. Sehingga KK yang dimiliki tidak memenuhi syarat untuk mendaftar PPDB melalui jalur zonasi.

Selain itu, kata Siti, alasan lain yang membuat SD Gabahan sepi yaitu karena di kelurahan Gabahan juga terdapat banyak SD swasta yang juga mencari siswa dalam PPDB tahun ini.

Share This Article