Ad imageAd image

Tahapan Verifikasi Berkas PPDB Jateng 2024 Selesai, Ombudsman Terima 45 Aduan Masalah

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 4 Views
2 Min Read
Kepala Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Tahapan pembuatan akun dan verifikasi berkas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Jawa Tengah (Jateng) telah selesai pada Senin (24/6/2024).

Sejak dimulai pada Selasa (11/6/2024), dalam proses pelaksanaan, Ombudsman Jateng menerima total sebanyak 45 aduan masalah PPDB.

Kepala Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida mengatakan, ada sekitar 40 hingga 45 aduan yang masuk. Dari puluhan aduan, saat ini tinggal tersisa lima aduan yang belum terselesaikan.

“Laporan itu ada yang bisa selesai di Dinas Pendidikan dan masih ada yang berlanjut. Tapi sebagian besar sudah ditindaklanjuti lebih dari setengahnya, atau hanya lima yang saat ini sedang ditindaklanjuti,” katanya saat dihubungi, Senin (24/6/2024).

Adapun lima aduan yang sedang diposes di antaranya berupa aduan verifikasi kartu keluarga (KK), persoalan prestasi, dan zonasi. Dari 45 aduan masuk, memang kebanyakan di tiga jalur PPDB tersebut.

“Jadi hampir merata, zonasi, afirmasi, prestasi ada semua sebenarnya. Namun pada intinya belum ditemukan yang menonjol. Dan kebanyakan masalahnya lebih kepada verifikasinya ke applikasinya,” ucap Farida.

Berdasarkan jadwal PPDB dari Disdikbud Jateng, setelah proses pembuatan akun dan verifikasi berkas, hasil PPDB SMA/SMK Negeri Jateng 2024 nantinya akan diumumkan secara daring pada tanggal 1 Juli 2024.

Setelah pengumuman, calon peserta didik yang diterima diminta untuk melakukan pendaftaran ulang di masing-masing sekolah yang dipilih mulai 3 hingga 12 Juli 2024.

Share This Article