Ad imageAd image

Survei Y-Publica: Elektabilitas Prabowo Pimpin Ganjar dan Anies

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 843 Views
1 Min Read
Survei Y-Publica: Elektabilitas Prabowo Pimpin Ganjar dan Anies. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Berdasarkan hasil survei Y-Publica terkait elektabilitas bakal capres 2024 menunjukan Prabowo Subianto dengan 25,3 persen unggul di atas Ganjar Pranowo 24 persen dan Anies Baswedan 17,2 persen.

Sedangkan nama tokoh seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa hingga Airlangga Hartarto elektabilitasnya berada di bawah 7 persen.

Dalam kesimpulan survei dijelaskan bahwa efek deklarasi capres tidak cukup untuk menaikkan kekuatan Ganjar. Ganjar dalam hal ini naik tipis dalam rentang waktu sebulan.

BACA JUGA:   Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Ungguli Semua Capres

“Prabowo Subianto menumbangkan Ganjar Pranowo yang selama setahun terakhir berada pada posisi unggul, sedangkan Anies Baswedan tertinggal jauh di peringkat ketiga. Efek deklarasi capres tidak cukup kuat untuk memulihkan kembali kekuatan Ganjar, hanya naik tipis dalam rentang sebulan kemudian,” tulis Y-Publica dalam laporannya, Jumat (2/6/2023).

“Sebaliknya, Prabowo terus menguat dan mempersempit jarak, hingga akhirnya berhasil menyalip Ganjar. Kenaikan elektabilitas tersebut bisa meningkatkan kepercayaan Prabowo untuk tetap maju sebagai capres, dan menolak iming-iming hanya sebatas cawapres Ganjar,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Elektabilitas Prabowo Puncaki Survei, DPD Gerindra Jateng Minta Kader Jangan Terbawa Euforia

Survei Y-Publica dilakukan pada 21-27 Mei 2023 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka kepada responden terpilih dibantu kuesioner. Margin of error ±2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Share this Article