Ad imageAd image

Survei LSP: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies, Ini Faktornya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 853 Views
2 Min Read
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Berdasarkan hasil survei Lingkaran Suara Publik (LSP), yang bertema “Kecenderungan Elektabilitas Capres Jelang Pemilu 2024” pada Minggu (19/3/2023) menunjukkan elektabilitas Prabowo unggul jauh di tas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Pada pertanyaan elektabilitas survei menemukan bahwa Prabowo semakin meningkat elektabilitasnya. Ada 33,4% publik yang mengaku memilihnya bila pemilihan presiden dilaksanakan hari ini. Menyusul di belakangnya Ganjar Pranowo dengan 21,2% dan Anies secara konsisten berada di posisi ke-3 dengan persentase 20,4%,” kata Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin.

Indra mengungkapkan, LSP melihat ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya kenaikan elektabilitas Prabowo. Pertama, kinerja Prabowo yang masih moncer di bidang pertahanan, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan; kedua endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens.

BACA JUGA:   Diadu di Survei, Elektabilitas Prabowo Ungguli Anies Sebagai Capres 2024

“Terakhir Jokowi didampingi Prabowo melakukan kunker ke Kebumen didampingi juga Ganjar menimbulkan banyak spekulasi Pilpres di mana hal ini ditafsirkan akan menjadi pasangan Capres-Cawapres pilihan Jokowi,” ujarnya.

Ketiga, sambung Indra, Musra Relawan Projo (Pro Jokowi) di berbagai provinsi memunculkan nama Prabowo sebagai pilihan utama capres; keempat, bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo.

“Dan terakhir, semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat di basis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo,” ujar Indra.

BACA JUGA:   Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi di Jawa Timur

Sebelumnya, Indra mengatakan, secara umum popularitas para tokoh berada di interval 67% hingga 97% dimana popularitas tertinggi masih ditempati oleh Prabowo diikuti oleh Sandi, Ganjar, Anies, Ridwan, AHY dan terendah AA La Nyalla M Mattalitti dengan perolehan popularitas sebesar 67,2%.

“Demikian juga tingkat likeabilitas berada di interval 87,8% hingga 49,7% dengan posisi pertama masih ditempati oleh Prabowo dan yang terakhir oleh AA La Nyalla M Mattalitti,” urainya.

Survei dilaksanakan pada 1-10 Maret 2023 dengan responden merupakan orang yang masuk kriteria sebagai pemilih. Terdapat 1.230 sampel yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan teknik wawancara langsung dengan bantuan kuesioner.

BACA JUGA:   Jokowi Sebut Elektabilitas Prabowo Naik Karena Kerja Keras Sendiri dan Gerindra

Margin of error sebesar ± 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%, juga dilakukan spot check sebesar 10% dari sampel.

Share this Article
Leave a comment