Ad imageAd image

Survei LSI: Prabowo Strong Leader Ekonomi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 850 Views
3 Min Read
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Lembaga Survei LSI Denny JA merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) di bidang ekonomi dan kedekatan dengan media. Hasilnya, Prabowo Subianto paling dipercaya mampu menumbuhkan ekonomi Indonesia di 2024. Sedangkan Ganjar Pranowo dianggap paling dekat dengan media.

LSI Denny Ja menggelar survei berfokus pada beberapa isu ekonomi dan kedekatan media. Para responden ditanyakan ‘antara 3 capres berikut, capres manakah yang lebih mengesankan strong leader yang menumbuhkan ekonomi?’

Hasilnya, Prabowo Subianto mendapatkan angka sebesar 56,2 persen, Anies Baswedan 18,7 sebesar dan Ganjar Pranowo 14,8 persen.

“Dari data ini memang kesan masyarakat untuk strong leader yang mampu menumbuhkan ekonomi itu cenderung atau mayoritas terhadap Pak Prabowo sebagian besar 56,2 persen, dan Pak Ganjar untuk isu strong leader menumubuhkan ekonomi berada di nomor 3 dengan 18,7 persen untuk Pak Anies dan Pak Ganjar 14,8 persen,” kata pembicara LSI Denny JA Ardian Sopa saat memaparkan survei, Senin (29/5/2023).

BACA JUGA:   Respons Gerindra Soal Projo NTB Sepakat Usung Prajowo: Alhamdulillah

Lebih lanjut, Ardian membeberkan alasan Ganjar Pranowo tidak dipercaya menumbuhkan ekonomi karena kental berkaitan dengan petugas partai. Sementara itu, dia menyampaikan Prabowo dianggap mampu menumbuhkan ekonomi karena dianggap tegas dan punya rekam jejak bagus memperjuangkan ekonomi.

“Memang ketika bicara strong leader, menumbuhkjan ekonomi, tentunya masyarakat juga melihat siapa capres yang ada, kita lihat bahwa image atau sebutan petugas partai ini juga sedikit banyak mengurangi dari sosok strong leader yang memang dialamatkan kepada capres-capres yang ada. Bahkan ketika ini sendiri dihadirkan atau dipadukan dengan ketum partai yang ada. Kita lihat bahwa istilah petugas partai melemahkan Ganjar di hadapan Prabowo yang pendiri dan ketua umum partai. Kemudian juga petugas partai tak mengesankan pengendali partai, apa lagi pengendali pemerintah/elit negara,” jelasnya.

BACA JUGA:   Garuda Nusantara 08 Bakal Deklarasi Dukung Prabowo di Jateng

“Kenapa Pak Prabowo menjulang? Dibandingkan capres lain, Prabowo terkesan pemimpin paling tegas, paling diterima di spektrum politik yang lebih luas, sehingga mampu kuat memulai kebangkitan ekonomi yang sudah ada. Kemudian bukan hanya sekarang saja Prabowo bicara soal ekonomi, tapi cita-cita Prabowo soal ekonomi Indonesia jadi macan Asian sudah dikenal luas sejak Pilpres 2014 lalu, atau sekarang sekitar 9 tahun lalu. Ingatan masyarakat masih teringat bahwa Pak Prabow pejuang ekonomi,” lanjut dia.

Survei ini digelar pada 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling.

BACA JUGA:   Prabowo Masuk Capres Musra Relawan Jokowi, Gerindra: Penambah Semangat

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen.

Share this Article
Leave a comment