Ad imageAd image

Survei LSI: Elektabilitas Ahmad Luthfi Teratas, Disusul Kaesang dan Sudaryono di Cagub Jateng

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 3 Views
3 Min Read
Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada peta elektoral menjelang Pilkada Jateng 2024, Kapolda Jateng, elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi teratas. Kemudian disusul Ketum PSI, Kaesang Pangarep dan Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan sebanyak 78,7% responden belum menentukan pilihannya di Pilkada Jawa Tengah. Namun, sisa dari responden itu mengarah ke beberapa calon, seperti Ahmad Luthfi, Kaesang Pangarep, hingga Ketua DPD Gerindra, Jateng Sudaryono.

“Di antara sedikit yang punya pilihan itu 5,2% kurang lebih memilih Ahmad Luthfi, lalu 2,5% Kaesang Pangarep, 2,1% Sudaryono, 1,8% Bambang Pacul, 1,7% Dico Ganinduto, kemudian Taj Yasin Maimoen 1,5%, ada juga yang menyebut nama Ganjar Pranowo tapi terus ke bawah itu masih di bawah 1%-an semua,” ujar Djayadi, saat jumpa pers virtual, Minggu (30/6/2024).

Top of mind:
1. Irjen Pol Ahmad Luthfi 5,2%
2. Kaesang Pangarep 2,5%
3. Sudaryono 2,1%
4. Bambang Wuryanto (Pacul) 1,8%
5. Dico Ganinduto 1,7%
6. Taj Yasin Maimoen 1,5%
7. Ganjar Pranowo 1,0%
8. Hendrar Prihadi 0,9%
9. Achmad Husein 0,6%
10. Juliyatmono 0,5%
Nama-nama tokoh lainnya di bawah 0,5%
TT/TJ/rahasia 78,7%

LSI kemudian memberikan pertanyaan semi terbuka dengan menyajikan 21 nama bakal cagub yang beredar di media dan masyarakat. Hasilnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketum PSI, Kaesang Pangarep, berada di posisi pertama.

“Kalau kita kerucutkan pertanyaan ke pertanyaan semi terbuka dengan memberi daftar 21 nama. Nama-nama ini yang beredar di masyarakat, baik di media, bakal-bakal calon ini,” ujar Djayadi.

“Yang sementara unggul ini nama Kaesang Pangarep, disusul oleh Ahmad Luthfi lalu nama berikutnya Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Bambang Wuryanto (Pacul), Sudaryono, Hendar Prihadi,” tambahnya.

Berikut hasil simulasi semi terbuka 21 nama:
1. Kaesang Pangarep 15,9%
2. Irjen Pol Ahmad Luthfi 12,9%
3. Abdul Wachid 7,8%
4. Raffi Ahmad 6,8%
5. Bambang Wuryanto atau (Pacul) 5,8%
6. Sudaryono 4,7%
7. Hendar Prihadi 4,7%
8. Dico Ganinduto 3,5%
9. Achmad Husein 3,4%
Nama-nama tokoh lainnya di bawah 3%
TT/TJ/rahasia 19,5%

Kendati demikian LSI menilai dari hasil survei ini belum bisa menyimpulkan sosok yang memiliki basis kuat di Jawa Tengah. LSI menilai Pilkada Jawa Tengah masih sangat terbuka.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden pada periode 21-26 Juni 2024. Populasi survei adalah WNI di Provinsi Jawa Tengah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/telepon seluler.

Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih melalui metode double sampling. Metode ini adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Wawancara responden dalam survei ini menggunakan metode telepon. Margin of error survei diperkirakan ± 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Share This Article