Ad imageAd image

Survei KedaiKOPI Ungkap 95,8% Orang Nyaman Mudik Gunakan Kereta Api

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 802 Views
2 Min Read
Pemberangkatan kereta api (Foto: KAI Daop 4 Semarang)

INDORAYA – Menurut survei yang dirilis oleh Lembaga survei KedaiKOPI mengenai pola perilaku dan kebiasaan mudik lebaran tahun 2024, sebagian besar pemudik merasa nyaman menggunakan kereta api.

Survei ini dilakukan pada tanggal 13 hingga 18 April 2024 dengan menggunakan metode pengambilan data Computerized Assisted Self-Interview (CASI) terhadap 1.266 responden berusia 17-55 tahun.

Ashma Nur Afifah, Manager Research KedaiKOPI, menjelaskan bahwa kriteria pemudik dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, sebanyak 50,8 persen menggunakan transportasi pribadi, 34 persen menggunakan transportasi publik, dan 15,2 persen menggunakan keduanya.

BACA JUGA:   Menko PMK Muhadjir Effendy Minta Pemda Siapkan Kebutuhan Pemudik di Jalur Lintas Selatan

Lebih lanjut, Ashma menerangkan bahwa mayoritas pemudik yang menggunakan transportasi pribadi adalah pengendara mobil sebesar 80,7 persen, sedangkan pengendara motor sebesar 19,3 persen.

Dia juga menyebutkan bahwa pemudik yang menggunakan transportasi publik didominasi oleh pengguna kereta api (43,6 persen) dan bus (42,8 persen), dengan sebagian kecil yang menggunakan pesawat (20,1 persen) dan kapal laut (8,5 persen).

Tingkat kenyamanan pemudik menggunakan kereta api mencapai 95,8 persen, yang sejalan dengan tingkat kepuasan terhadap layanan di stasiun kereta api yang mencapai 96,6 persen.

BACA JUGA:   Ganjar Himbau Pemudik Berhati-hati Melalui Jalur Selatan Jateng

Namun, masalah terjadi pada ketersediaan kuota tiket kereta api yang hanya memuaskan 71,8 persen pemudik.

Ashma menjelaskan bahwa hasil survei menunjukkan bahwa pemudik sangat puas dengan pengalaman menggunakan kereta api dan pelayanan di stasiun, namun masih terdapat kebutuhan untuk meningkatkan ketersediaan tiket agar dapat memenuhi kebutuhan seluruh pemudik.

Share this Article
Leave a comment