Ad imageAd image

Survei Indikator: Komeng Masuk Bursa Calon Gubernur Jawa Barat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 2 Views
2 Min Read
Alfiansyah alias Komeng. (Foto: Istimewa)

INDORAYA –  Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, komedian sekaligus Anggota DPD RI terpilih Alfiansyah alias Komeng masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Barat (Jabar).

Dalam survei Indikator 20-27 Juni 2024, nama Komeng muncul di dua simulasi, yaitu simulasi terbuka (top of mind) dan simulasi semi terbuka.

“Bahkan ada yang menyebut Giring, Komeng, terserah kan namanya top of mind. Termasuk ada yang menyebut nama Pak Dudung, Anies Baswedan juga muncul di sini,” kata Pendiri Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam jumpa pers daring, Kamis (4/7/2024).

Komeng mempunyai elektabilitas 0,8 persen pada simulasi terbuka. Ia mengungguli sejumlah nama, seperti Anies Baswedan, Ono Surono, Atalia Praratya, Ilham Habibie, dan Dede Yusuf.

Pada simulasi semi terbuka 26 nama, Komeng duduk di posisi ketiga. Elektabilitas sang komedian 5,6 persen. Ia hanya kalah dari Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Komeng mengungguli sejumlah nama top di simulasi itu, seperti Dede Yusuf, Ahmad Syaikhu, Atalia Praratya, Bima Arya Sugiarto, Desy Ratnasari, dan Rieke Diah Pitaloka.

Nama Komeng baru hilang di simulasi 12 nama. Burhan menjelaskan Indikator menghapus nama-nama yang kemungkinan besar tak mencalonkan diri.

“Simulasi 12 nama, nama-nama yang kemungkinan majunya kecil, seperti Komeng kan kecil maju karena baru saja terpilih sebagai Anggota DPD, kita take out,” ujarnya.

Survei ini dilakukan pada 20-27 Juni 2024. Indikator melibatkan 1.214 orang responden yang dipilih menggunakan metode double sampling.

Survei dilakukan dengan wawancara via telepon. Margin of error survei +/-2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, Komeng masuk dunia politik lewat Pemilu Serentak 2024. Dia mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI di Jawa Barat.

Dia menyita perhatian publik dengan gaya nyeleneh dalam foto di surat suara. Komeng meraih suara terbanyak di Jawa Barat dan terpilih menjadi anggota dewan.

Share This Article