Ad imageAd image

Survei ARCHI: Sudaryono Empat Besar Calon Gubernur Jateng Elektabilitas Tertinggi

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 88 Views
2 Min Read
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono

INDORAYA – ARCHI Research and Strategy merilis hasil survei elektabilitas tokoh yang potensial maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) pada Pilkada serentak 2024. Diketahui pendaftaran Pilkada akan mulai dibuka pada 27 Agustus 2024.

Berdasarkan survei lembaga tersebut, nama Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono masuk dalam empat besar Calon Gubernur Jateng dengan tingkat elektabilitas tertinggi. Tingkat elektabilitas Sudaryono mencapai 10.71 persen.

Di posisi pertama Kepala LKPP RI sekaligus mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dengan tingkat elektabilitas sebesar 23,21 persen. Sedangkan nama lain seperti Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf di peringkat kedua dengan raihan 16,07 persen.

Selanjutnya posisi ketiga disusul Bupai Kendal Dico Ganinduto 13,39 persen. Setelah Sudaryono atau di posisi kelima yaitu Mantan Wakil Gubernur Jateng Yasin Maimoen alias Gus Yasin dengan tingkat elektabilitas 7,14 persen.

Berikutnya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul 6,25 persen. Di bawahnya Mantan Menteri ESDM Sudirman Said dengan tingkat elektabilitas 5,36 persen. Sedangkan 17,86 persen belum menentukan pilihan.

Diberitakan lembaga survei Archi Research And Strategy Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas calon gubernur di lima provinsi di Pulau Jawa. Adapun kelima provinsi adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Survei ini menggunakan metode sampling dari populasi pemilih yang dikelompokkan menurut provinsi dengan responden yang sudah memiliki hak pilih atau berusia lebih dari 17 tahun.

Adapun metode pengambilan data yakni telesurvey dengan margin of error 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Share this Article
Leave a comment