Ad imageAd image

Survei ARCHI Sebut Elektabilitas Hendrar Prihadi Tertinggi Gantikan Ganjar

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 646 Views
2 Min Read
Ketua DPC PDIP Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat doorstop wartawan di Balaikota Semarang, beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Menurut survei yang dilakukan oleh Lembaga ARCHI Research and Strategy, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi, memiliki tingkat elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

Elektabilitas Hendi, panggilan akrabnya, mencapai 23,21 persen. Selisihnya jauh dibandingkan dengan tokoh lain yang berpotensi menjadi calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

“Dalam survei ARCHI Research and Strategy untuk Pilgub Jawa Tengah, Kepala LKPP RI yang juga mantan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, memiliki tingkat elektabilitas tertinggi,” ujar CEO sekaligus Direktur Eksekutif ARCHI, Mukhradis Hadi Kusumaz, pada Jumat (29/3/2024).

BACA JUGA:   Pemkot Kota Semarang Minta Warga Laporkan Aksi Balap Liar Lewat Aplikasi Libas

Tokoh lain seperti K.H. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) menduduki peringkat kedua dengan tingkat elektabilitas 16,07 persen.

Selanjutnya, Bupati Kendal Dico Ganinduto dengan 13,39 persen, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono dengan 10,71 persen, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin dengan 7,14 persen.

Kemudian, Ketua DPD PDIP Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) dengan 6,25 persen, dan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dengan 5,36 persen. Terdapat 17,86 persen responden yang belum memutuskan pilihan.

BACA JUGA:   Libur Nataru Tiba, Puncak Arus Mudik Jateng Terjadi 23 dan 24 Desember 2023

Survei ini dilakukan dengan metode sampling dari populasi pemilih yang dibagi berdasarkan provinsi, dengan responden yang memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah telesurvei, dengan margin of error 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pendaftaran untuk Pilkada serentak tahun 2024 akan dibuka pada tanggal 27 Agustus 2024, termasuk di provinsi Jawa Tengah yang akan mengadakan pemilihan gubernur.

Namun, dalam beberapa kesempatan, Hendi enggan memberikan komentar mengenai namanya yang disebut sebagai calon terkuat dalam Pilgub Jawa Tengah 2024.

BACA JUGA:   Diduga Rem Blong, Dump Truk Tabrak Sejumlah Kendaraan di Ngaliyan Semarang¬†

Hal ini termasuk saat menghadiri kegiatan sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu. Hendi justru menolak untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

“Enggak lah, enggak ada, enggak ada,” jawab Hendi singkat.

Share this Article
Leave a comment