Ad imageAd image

Suhu di Arab Saudi Tembus 44 Derajat Celsius

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 903 Views
1 Min Read
Ilustrasi Ibadah Haji (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Otoritas Arab Saudi mewanti-wanti jemaah haji soal potensi cuaca panas ekstrem hingga 44 derajat Celsius, saat puncak Ibadah Haji 2024.

Kepala Badan Meteorologi Nasional Saudi, Ayman Ghulam, memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan suhu dari situasi normal.

“Perkiraan musim haji tahun ini akan menyaksikan kenaikan suhu rata-rata satu setengah hingga dua derajat dari suhu normal di Mekkah dan Madinah,” kata Ghulam saat konferensi pers pada Selasa (4/6/2024) dikutip AFP.

Dia lalu berujar, “Perkiraan itu menunjukkan kelembaban relatif 25 persen, tingkat hujan mendekati nol, suhu maksimum rata-rata 44 derajat [Celsius].”

Untuk mengatasi cuaca panas ekstrem itu, Saudi menyediakan air dengan jumlah cukup guna memenuhi kebutuhan para jemaah.

Ghulam juga menyebut pihak berwenang Saudi menyediakan tenda yang dilengkapi dengan pendingin udara untuk mengurangi rasa panas.

Musim haji tahun lalu, para jemaah juga mengalami cuaca ekstrem.

Menurut data pemerintah Saudi, suhu tahun lalu saat musim haji mencapai 48 derajat Celsius. Imbas gelombang panas ini, sekitar 2.000 orang mengalami heatstroke.

Namun, jumlah kasus jemaah yang mengalami heatstroke diduga lebih tinggi. Banyak penderita yang tak dirawat di rumah sakit atau klinik sehingga mereka tak tercatat data resmi.

TAGGED:
Share this Article