Ad imageAd image

SMAN 1 Semarang Layani Verifikasi Berkas PPDB 2024, Hari Pertama Tak Ada Kendala

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 718 Views
3 Min Read
Calon peserta didik baru melakukan proses verifikasi berkas di posko PPDB SMAN 1 Semarang, Selasa (11/6/2024). (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – SMAN 1 Semarang melayani pembuatan akun dan verifikasi berkas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi calon peserta didik yang mendaftar. Pada hari pertama, Selasa (11/6/2024) ini, dipastikan tidak ada kendala yang berarti.

Pembuatan akun bertujuan agar calon peserta didik memiliki akun untuk login ke website ppdb.jatengprov.go.id. setelah pengajuan akun, calon siswa melakukan aktivasi akun dan verifikasi berkas mulai 11 hingga 14 Juni 2024.

Ketua Panitia PPDB SMA N 1 Semarang, Budi Handoyo mengatakan, sejak pukul 08.00 WIB, calon peserta didik mulai berdatangan untuk melakukan verifikasi di posko pengaduan dan layanan PPDB di sekolahnya.

BACA JUGA:   Biro Hukum Setda Jateng Sebut Penebangan Pohon di SMAN 1 Semarang Demi Kemaslahatan Bersama

“Di sini mereka verifikasi, nanti kemudian aktivasi akun. Kebanyakan (calon siswa baru datang) memang verifikasi, hanya beberapa yang tanya terkait informasi yang mereka butuhkan,” katanya saat ditemui di lokasi.

Budi mengatakan pada hari pertama membuka posko PPBD, hingga siang hari sudah ada sekitar 30 calon siswa baru yang melakukan verifikasi. Sejauh ini kata dia tidak ada kendala yang berarti.

Dia bilang, SMA N 1 Semarang membuka posko layanan PPDB hingga 24 Juni 2024 mendatang mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Pada PPDB 2024/2025 ini, pihaknya menampung 408 calon peserta didik baru yang terbagi menjadi 12 rombel.

BACA JUGA:   Usai Penebangan Massal, Hari Ini 1 Pohon di SMAN 1 Semarang Tumbang

“Kita ada 12 rombel, masing-masing 34 siswa. Jadi 408 peserta didik baru yang diterima. Sama dengan tahun lalu, zonasi masih 55 persen, prestasi 20 persen, afirmasi 20 persen, perpindahan orang tua 5 persen,” ungkap Budi.

Sementara itu, salah satu calon peserta didik baru, Davi Sakti Satria Mahendra mengaku datang ke SMAN 1 Semarang untuk melakukan verifikasi. Pada PPDB kali ini dia mendaftar lewat jalur zonasi.

Siswa alumni SMPN 3 Semarang tersebut memilih SMAN 1 Semarang tidak lain karena dekat dengan rumah sekaligus ingin mengikuti jejak sang kakak.

BACA JUGA:   Beda Persepsi Kepsek vs Alumni Soal Penebangan Pohon Massal di SMAN 1 Semarang

“Kendala tidak ada semuanya lancar. Datang ke SMA N 1 Semarang ini untuk melakukan verifikasi,” ungkap Davi Sakti.

Selain di masing-masing sekolah, posko PPDB tahun ajaran 2025/2025 juga dibuka di Kantor Disdikbud Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang. Hal ini untuk memudahkan calon peserta didik baru dalam mendapatkan informasi dan menemui kendala.

“Posko buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 15.30,” kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Disdikbud Jateng, Sunarto, saat dihubungi secara terpisah, Selasa (11/6/2024).

Share this Article