Ad imageAd image

Singgung Birokrasi, Jokowi: Harusnya Melayani, Bukan Mempersulit dan Memperlambat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 810 Views
1 Min Read
Presiden RI, Jokowi Widodo (Jokowi)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo membuka kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia dengan nama INA Digital di Istana Negara

Saat memberikan sambutan, Jokowi kembali menyinggung peranan birokrasi terhadap kehidupan masyarakat.

“Saya ingin menggarisbawahi, ingin menekankan kembali bahwa kehadiran birokrasi itu harusnya melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat,” ujar Jokowi.

“Sehingga seharusnya yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, adalah manfaat yang diterima masyarakat, adalah kemudahan urusan masyarakat,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Menhan Prabowo Dampingi Jokowi Sambut PM Malaysia Anwar Ibrahim

Namun demikian, Jokowi menilai ada kendala lantaran ada 27 ribu aplikasi di level pemerintah pusat hingga pemerintah kabupaten. Semua platform itu berjalan sendiri-sendiri dan bekerja sendiri-sendiri.

“Nggak akan mungkin tadi yang saya sampaikan, mempermudah, mempercepat, nggak. Tidak terintegrasi dan bahkan banyak yang justru tumpang tindih,” kata Jokowi.

“Oleh sebab itu, perlu saya sampaikan, sudah saya sampaikan di Januari lalu, mulai tahun ini berhenti membuat aplikasi baru, mulai tahun ini berhentilah membikin platform baru, setop. Karena tadi 27 ribu aplikasi yang ada,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pengamat Politik Nilai Dukungan Jokowi Mengarah ke Prabowo di Pilpers 2024
Share this Article