Ad imageAd image

Sempat Tersendat, Kini Pelabuhan Merak Mulai Lancar

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 132 Views
3 Min Read
ilustrasi kapal pengangkut kendaraan (dok. pixabay)
INDORAYA – Kepadatan kendaraan yang ada di Pelabuhan Merak mulai terurai sore tadi. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, terurainya kepadatan pemudik karena ada tambahan dua pelabuhan dan kapal.

“Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek,” kata Budi.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi Karya saat meninjau Posko Angkutan Lebaran Terpadu di kantor Kemenhub, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).
Dia mengungkapkan, di dua pelabuhan tambahan juga telah disiapkan kapal tambahan, masing-masing di Dermaga Ciwandan sebanyak 9 kapal dan Dermaga Indah Kiat 2 kapal.

“Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pelanggan Kena Tagihan Rp 1 Juta, Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar Semarang Beri Penjelasan

Budi Karya menyatakan, dengan adanya dua pelabuhan dan kapal tambahan, itu dapat mengalihkan sekitar 3.000 penumpang sehingga dapat memecah kepadatan yang ada di Merak.

Berdasarkan data ASDP, pergerakan penumpang di Pelabuhan mencapai sekitar 37 ribu kendaraan pada Jumat kemarin, atau lebih tinggi daripada jumlah penumpang mudik pada tahun 2019 yang mencapai puncak sekitar 28 ribu kendaraan dalam sehari.

Selain di penyeberangan, kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta ke arah timur hingga GT Kalikangkung Semarang juga relatif lebih lancar. “Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari KM 70 – KM 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan tol layang MBZ tidak ada kemacetan,” jelasnya.

BACA JUGA:   50 Napi Lapas Semarang Unjuk Bakat Menyanyi di The Voice Kedungpane

Sementara di sektor udara, Menhub mengatakan, telah terjadi penurunan pergerakan penumpang pada hari ini Sabtu (30/4) atau H-2 dibanding Jumat (29/4) atau H-3 kemarin.

“Setelah pergerakan pesawat sempat menembus 1.054 flight. Hari ini relatif turun sekitar 900 flight,” ucap Menhub.

Begitu pun di sektor transportasi laut, terpantau tidak ada kejadian yang menonjol dan pergerakan penumpang kapal relatif terkendali.

“Saya sampaikan terima kasih kepada para petugas yang bekerja di lapangan, terutama kepada rekan-rekan kepolisian yang bekerja luar biasa mengatur lalu lintas, dalam upaya mewujudkan mudik yang aman dan sehat dan menbawa kegembiraan bagi masyarakat,” ujarnya.(FZ)

BACA JUGA:   Kominfo Tindaklanjuti 347 GB Data Perusahaan di Indonesia Yang Bocor
Share this Article