Ad imageAd image

Selain Membantu Sesama, Donor Darah Juga Dapat Menyehatkan Pendonor

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 109 Views
2 Min Read
Seseorang nampak sedang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya kepada PMI Kota Semarang (dok. Athok Mahfud)

INDORAYA – Staff Administrasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, Arie Johan Wicaksono mengungkapkan alasan pentingnya seseorang mengikuti kegiatan donor darah.

Hal ini diungkapkan seusai kegiatan donor darah yang digelar DEMA Fakultas Sains dan Teknologi yang bekerja sama dengan PMI UIN Walisongo dan PMI Kota Semarang, Senin (06/06/22).

“Pertama, untuk kemanusiaan, membantu orang-orang yang sedang berjuang di rumah sakit demi kesembuhan pasien yang butuh darah,” katanya saat diwawancarai di Auditorium Kampus 1 UIN Walisongo.

Johan menjelaskan, selain membantu sesama, kegiatan donor darah juga menyehatkan pendonor karena dapat mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh.

BACA JUGA:   Dinsos Dampingi Siswi Korban Pencabulan Guru SMA di Purbalingga

“Darah yang kotor mungkin mengandung penyakit dan lain-lain nanti dikeluarkan. Nanti tubuhnya akan produksi darah baru dan pastinya lebih sehat. Jadi kedua belah pihak ada manfaatnya,” jelasnya.

Johan menyebutkan bahwa donor darah dapat dilakukan oleh semua orang yang sedang dalam keadaan sehat. Selain itu terdapat syarat yang harus dipenuhi.

Adapun syaratnya yaitu berat badan minimal 45, usia minimal 17 tahun, serta kadar hemoglobin (Hb) mencapai minimal 12,5 gr/dl. Apabila sudah memenuhi, kemungkinan besar darahnya dapat didonorkan.

BACA JUGA:   Pemerintah Dinilai Belum Siap Tangani Tenaga Honorer, FORNAS Jateng: Kebijakan Ambigu

“Donor darah juga bisa dilakukan secara kontinyu, tiap dua bulan atau tiga bulan sekali. Minimal paling cepat 60 hari,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga terbuka dan siap melayani organisasi maupun instansi yang mengajak kerjasama donor darah. Bagi yang ingin melakukan kegiatan donor darah, dapat langsung menghubungi PMI Kota Semarang.

“Prosedur mengajak kerja sama, dari instansi datang ke kantor. Tapi sebelumnya pastikan dulu ada pesertanya minimal 30 sampai 50. Nanti kalau sudah pesan tanggal, jam, dan tempat sudah siapkan, nanti kita insya allah datang membantu,” tandas Johan.

BACA JUGA:   Hotman Paris Dilaporkan ke Polda Jabar, Simak Penjelasannya
Share this Article