Ad imageAd image

Sekolah di Pati Diminta Tetap Selenggarakan Ekstrakurikuler Pramuka

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 90 Views
2 Min Read
Bupati Haryanto, pada acara penyerahan kejuaraan Barung Tergiat Pesta Siaga Kwartir Cabang Pati Tahun 2022, di Pendopo, Selasa (15/03/2022). (Foto : Patikab.go.id)

INDORAYA – Semua sekolah di Kabupaten Pati diminta tetap menggalakkan ekstrakurikuler Pramuka, untuk menanamkan jiwa penolong dan jiwa sosial pada sesama manusia.

Hal itu disampaikan Bupati Haryanto, pada acara penyerahan kejuaraan Barung Tergiat Pesta Siaga Kwartir Cabang Pati Tahun 2022, di Pendopo, Selasa (15/03/2022).

Acara dihadiri Bupati Pati,  pengurus pramuka,  dan Ketua Gerakan Pramuka Cabang Pati, Sugiyono yang sekaligus mengumumkan juara.

“Anak kalau dididik sejak awal punya jiwa penolong, akan beda dengan anak yang tidak pernah dididik menolong. Mereka (anak berjiwa penolong) tidak akan mudah mengeluh, selalu setia dan ikhlas,” kata Bupati Haryanto, seperti dirilis Patikab.go.id.

Menurut dia, kegiatan kepramukaaan merupakan wadah pembinaan karakter yang baik, untuk menumbuhkan jiwa penolong, jiwa tangguh, dan tanggap pada anak-anak dan remaja.

Bupati Haryanto juga mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya Pesta Siaga di tengah pandemi. Terlebih tahun sebelumnya, kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan.

Lomba pesta siaga ini, akan memotivasi masing masing gugus depan dan kwaran, agar mempunyai jiwa hobi lomba dan peduli sesama.

Adapun penghargaan yang diberikan adalah bentuk apresisasi pada jerih payah yang telah dilakukan oleh anggota pramuka, agar mereka lebih bersemangat

Dengan era teknologi yang serba canggih ini, diharapkan Pramuka  bisa bersatu padu melalui lomba Pesta Siaga dan tidak kehilangan momentum serta bisa membawa nama baik Kabupaten Pati bagi yang terpilih untuk mewakili tingkat provinsi.

Sementara itu pada Lomba Barung Pesta Siaga Putra, juara pertama diraih perwakilan dari Kwarran Pucakwangi, juara kedua Kwarran Wedarijaksa, dan juara tiga Kwarran Juwana.

Untuk Barung Siaga Putri, juara pertama diraih Kwarran Gabus , juara dua Kwarran Pati, dan juara ketiga Kwarran Pucakwangi. (IR)

Share this Article